Kimia Farma dan Pertamina Raih Enterprise Innovation Award

Penyerahan penghargaan Enterprise Innovation Awards kepada Kimia Farma dan Pertamina. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kimia Farma dan Pertamina menempati urutan teratas di antara lebih dari 30 kandidat dan meraih penghargaan Enterprise Innovation Award tahunan yang diadakan oleh Asia IoT Business Platform. Kedua perusahaan memberikan contoh bagaimana tool digital digunakan untuk mempengaruhi operasi bisnis sebagai bagian dari perjalanan transformasi digital perusahaan secara keseluruhan.

Diluncurkan pada tahun 2017, Enterprise Innovation Award menganugerahkan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan enterprise di Asia Tenggara yang memulai inisiatif transformasi digital dalam perusahaan mereka.

Kimia Farma adalah badan usaha milik negara yang bergerak terutama dalam industri farmasi dengan tiga segmen utama: manufaktur, distribusi dan ritel. Kimia Farma memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp18,2 triliun (US$ 1,3 miliar) dan mempekerjakan 11.000 orang di Indonesia.

Demikian pula Pertamina, badan usaha milik negara yang aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas nasional. Pertamina adalah badan usaha milik negara terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan laba sebesar masing-masing Rp826,3 triliun (US$58 miliar) dan Rp35,99 triliun (US$2,5 miliar), serta mempekerjakan 31.600 orang di Indonesia.

Berfokus pada layanan pelanggan dan meningkatkan efisiensi, program Transformasi Digital Kimia Farma mengintegrasikan seluruh rantai nilai operasi, mulai dari bagian manufaktur hingga operasi ritel, dan memanfaatkan big data dan kecerdasan bisnis untuk memberikan nilai kepada berbagai pemangku kepentingan dalam ekosistem “Kesehatan Digital”.

Pertamina memulai perjalanan transformasi digitalnya setelah mengidentifikasi lebih dari 100 titik masalah pada timnya. Dengan berfokus pada efisiensi operasional, beberapa proyek digital berikutnya berpusat pada menciptakan standar dan mengimplementasikan tool-tool digital untuk pengadaan di seluruh perusahaan Pertamina dan digitalisasi operasi kilang.

Baik Kimia Farma dan Pertamina akan menerima penghargaan mereka pada 28 Agustus 2019 dalam acara Asia IoT Business Platform edisi ke-32. Pemenang Enterprise Innovation Award dari Indonesia akan diundang untuk memamerkan proyek transformasi digital mereka di Singapura pada bulan Februari 2020 bersama dengan pemenang lain dari negara-negara ASEAN, termasuk Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

STEVY WIDIA

Exit mobile version