youngster.id - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menjalin kerja sama dengan perusahaan gerbang pembayaran Xendit sehingga peserta Bukan Penerima Upah (BPU) bisa melakukan pembayaran iuran setiap bulan secara otomatis (autodebet).
Fitur pembayaran autodebet dari BPJAMSOSTEK ini didukung oleh produk pembayaran berulang (recurring) Xendit yang memungkinkan peserta untuk melakukan pendebetan otomatis terjadwal secara berulang ke akun bank BRI (BRI Direct Debit) atau e-wallet mereka (Dana, OVO, dan Shopeepay).
Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo menjelaskan, untuk menggunakan fitur autodebet pada aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) peserta yang baru terdaftar harus terlebih dahulu membayar iuran untuk 1 bulan pertama. Selanjutnya, pembayaran dapat dilakukan secara otomatis setiap bulannya dengan cara klik pada menu autodebet yang ada di layar utama aplikasi JMO, kemudian isi nomor kartu kepesertaan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan pilih autodebet.
Selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan, lalu isi seluruh data yang dibutuhkan dan proses pendaftaran autodebet selesai. Peserta juga dapat melihat riwayat pembayaran iuran yang ada di menu autodebet.
“Inovasi yang kami lakukan merupakan jawaban atas kebutuhan para peserta yang selama ini peduli terhadap perlindungan dan kesejahteraan para pekerja BPU di dekat mereka, seperti asisten rumah tangga (ART), supir pribadi atau bahkan tukang roti langganan. Transaksi pembayaran iuran kini juga lebih cepat dan lengkap dengan beragam pilihan e-wallet dan kanal perbankan yang terintegrasi. Tak hanya itu, adanya pilihan autodebet semakin memberikan kemudahan bagi peserta dan menghindari lupa bayar iuran saat waktu jatuh tempo,” ujar Anggoro, Selasa (13/9/2022).
Melalui pengembangan produk recurring ini diharapkan akan membantu peserta mendapatkan kemudahan dalam membayar iuran dan tidak ada pembayaran yang terlewat setiap tanggal penagihan.
“Merupakan sebuah kehormatan bagi Xendit untuk dapat menjadi mitra BPJAMSOSTEK dalam memperkuat layanan pembayaran digitalnya. Kerjasama ini mendorong kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan seluruh pelayanan agar dapat menyediakan infrastruktur pembayaran yang cepat, mudah dan terpercaya. Xendit terus berupaya untuk mendukung inisiatif pemerintah agar semua masyarakat bisa merasakan kemudahan yang ditawarkan dari ekonomi digital Indonesia,” ujar Tessa Wijaya, selaku COO dan Co-Founder Xendit.
HENNI SOELAEMAN
Discussion about this post