Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Kioson Catatkan Laba Penjualan di tahun 2017

17 April 2018
in News
Reading Time: 3 mins read
Kioson Resmi Akuisisi Agregator E-Voucher Narindo

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Setelah menjejakkan kaki di lantai bursa, PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (Kioson) mencatat peningkatan penjualan bersih Kioson sebesar 4306,92% (yoy) di tahun 2017. Kinerja perusahaan yang positif ini didukung oleh aksi korporasi akuisisi serta ekpansi bisnis ke daerah yang semakin kuat.

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (Kioson), perusahaan teknologi penyedia jasa Online-to-Offline (O2O) e-commerce pertama di Indonesia, mengumumkan hasil kinerja perusahaan selama 2017 dan menunjukkan peningkatan laba yang cukup baik untuk menutup 2017.

Tercatat, laba bersih Kioson selama tahun 2017 mencapai Rp 2,938 Milyar, dengan penjualan bersih sebesar Rp 1.130 Milyar atau meningkat sebesar 4306,92% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (y.o.y). Angka penjualan bersih tersebut merupakan kontribusi dari bisnis product digital sebesar Rp 1.095 Milyar serta bisnis gabungan dari e-commerce dan lain-lain mencapai Rp 34.120 Milyar.

“Tahun 2017 merupakan tahun yang menjadi salah satu tonggak sejarah perjalanan Kioson sejak mulai beroperasi di 2015. Pasalnya, di tahun ini kami melakukan beberapa manuver bisnis seperti akuisisi dan menjadi startup pertama di Indonesia yang melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia. Prestasi meningkatnya kinerja perusahaan di akhir 2017 ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang kami lakukan sejak awal 2017 dan kami optimis untuk dapat menorehkan kinerja yang lebih positif di tahun 2018 ini dengan fokus pada ekpansi bisnis dan inovasi teknologi,” ungkap Jasin Halim Direktur Utama Kioson dalam keterangannya, Senin (16/4/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Integrasikan Layanan O2O, Pendapatan Caroline.id Tumbuh 17,11% di Kuartal II-2025

Selanjutnya Jasin memaparkan, dari sisi aset Kioson menorehkan angka yang meningkat dengan total aset lancar di tahun 2017 mencapai Rp 219 Milyar atau meningkat sebesar 5881,8% year on year. Angka ini didukung oleh beberapa strategi dan ekspansi bisnis yang diterapkan oleh Kioson selama 2017. Salah satunya adalah ketepatan manajemen perusahaan dengan mengakuisisi PT Narindo Solusi Komunikasi, salah satu perusahaan agregator e-voucher terkemuka yang memberikan kontribusi terhadap revenue Kioson dengan presentase 88% dari total pendapatan perseroan.

Menurut dia, selama 2017, Kioson fokus untuk melakukan ekpansi bisnis dan perluasan pasar hampir secara merata di berbagai daerah lapisan kedua dan ketiga di Indonesia. Hasilnya, per Desember 2017, sekitar 30.000 pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera telah menjalin kemitraan dengan Kioson. Adapun angka pertumbuhan mitra kios ini mengalami peningkatan sebesar 400% dari tahun 2016 y.o.y.

Baca juga :   Tambah Saham Baru, MKNT Targetkan Rp 1,2 T Untuk Modal Anak Usaha

Layanan Kioson di daerah pun mendapat apresiasi yang cukup baik dari masyarakat. Kota Pematang Siantar di Sumatra Utara tercatat menjadi daerah terbesar yang menyumbang pendapatan terbesar dengan presentasi sebesar 18,24% dari total pendapatan Kioson sepanjang 2017. Hal ini didukung oleh gencarnya aktivitas on ground marketing dan engagement yang dilakukan Kioson terhadap para pelaku UMKM di daerah tersebut. Pematang Siantar menjadi salah satu daerah fokus pengembangan Kioson, mengingat tingginya pertumbuhan ekonomi daerah yang disumbang oleh sektor Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran, namun masih terbilang cukup rendah dari sisi pemanfaatan layanan digital.

“Memasuki tahun 2018, Kioson fokus jadikan inovasi teknologi dan kolaborasi strategis untuk dukung kesejahteraan mitra-mitra di kota lapis kedua dan ketiga di Indonesia,” ujar Jasin.

Sebelumnya Kioson telah menggandeng BUMN logistik Indonesia yang memungkinkan mitra kios menjalankan bisnis sebagai agen pengiriman logisti.Menurut Jasin, di 2018 ini Kioson akan menjajaki berbagai kemungkinan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka baik di bidang telekomunikasi, perbankan, keuangan, asuransi serta e-commerce sebagai channel penjualan langsung, guna menambah kenyamanan dan fitur yang tersedia di aplikasi Kioson bagi para mitra.

Baca juga :   MARKAS 2017 Ajang Temu Muka Kaskuser

“Melalui kolaborasi, diharapkan mampu untuk mendorong ekspansi pasar sekaligus memperkaya kualitas layanan agar dapat terus memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mitra kios Kioson,” katanya.

Dari segi inovasi, Kioson sebagai sebuah startup tetap berkomitmen kepada pengembangan inovasi sebagai sebuah DNA perusahaan. Kioson memproyeksikan akan meluncurkan beberapa layanan baru serta melakukan pembaruan pada aplikasi, agar dapat senantiasa memberikan kemudahan kepada para mitra dengan produk-produk inovatif.

“Saat ini, fokus layanan kami terdiri dari tiga kategori, yakni layanan digital dan Payment Point Online Bank (PPOB), layanan Keuangan, serta layanan e-commerce. Ke depannya, kami akan membuka peluang lebih luas kepada berbagai produk dan jasa yang bisa ditawarkan melalui mitra kios kami,” pungkas Jasin.

 

STEVY WIDIA

Tags: layanan Online to Offline (O2O)PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (Kioson)
Previous Post

SAP Siap Dorong Inovasi e-Sports Internasional

Next Post

Bank Danamon Dukung Pelaku UKM Kuliner di Ajang XploRasa 2018 Indonesia

Related Posts

layanan O2O Caroline.id
News

Integrasikan Layanan O2O, Pendapatan Caroline.id Tumbuh 17,11% di Kuartal II-2025

30 Juli 2025
0
Kioson Resmi Akuisisi Agregator E-Voucher Narindo
Headline

Kioson Hadirkan GudangPintar.id Sebagai Logistik Mitra UMKM di Indonesia

6 Mei 2021
0
Kioson Resmi Akuisisi Agregator E-Voucher Narindo
Headline

Kioson Raih Penghargaan The Most Distruptive Startup of The Year 2017

21 November 2017
0
Load More
Next Post
Bank Danamon Dukung Pelaku UKM Kuliner di Ajang XploRasa 2018 Indonesia

Bank Danamon Dukung Pelaku UKM Kuliner di Ajang XploRasa 2018 Indonesia

Blibli.com  Resmi Akuisisi Tiket.com

Tiket.com Gandeng APLog Untuk Fasilitas Total Baggage Solutions

Hero Wijayadi: Sukses Berbisnis Bunga Tanpa Toko Bunga

Hero Wijayadi: Sukses Berbisnis Bunga Tanpa Toko Bunga

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version