youngster.id - Transjakarta dan GoTo bersinergi guna meningkatkan kemudahan dan kenyamanan mobilitas masyarakat melalui transportasi publik terintegrasi. GoPay akan tersedia sebagai opsi pembayaran di aplikasi mobile TiJe. Kerjasama ini untuk melayani jumlah pelanggan Transjakarta yang telah mencapai lebih dari 800 ribu per hari.
CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan, masyarakat Jakarta memiliki tingkat mobilitas tinggi yang semakin mendekati kondisi sebelum pandemi. Untuk itu, melalui kolaborasi ini semakin meningkatkan kemudahan masyarakat dalam menikmati mobilitas yang cepat, aman dan didukung transaksi non tunai terintegrasi dari GoPay dan layanan Tije.
“Kami berharap ke depannya integrasi antara Tije dan GoTransit akan memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat membantu pemerintah mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas Jakarta,” ucap Andre dalam keterangan pers, Selasa (13/12/2022).
Kolaborasi GoTo dan Transjakarta pada tahap awal ditandai dengan terintegrasinya GoPay dengan aplikasi Tije. Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara GoTo dan Transjakarta.
Menurut Andre, kolaborasi ini juga merupakan langkah lanjutan komitmen pihak GoTo dalam mewujudkan ekosistem transportasi publik yang mudah dan nyaman sehingga menjadi pilihan masyarakat dalam bepergian.
Pembayaran nontunai dengan GoPay di aplikasi TiJe dapat dilakukan mulai Januari 2023. Aplikasi Tije, sebuah platform digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna Transjakarta, seperti membeli tiket hingga mendapatkan informasi rute dan halte.
Direktur Utama Transjakarta Yana Aditya menyampaikan, dengan kolaborasi ini visi Transjakarta untuk menghubungkan kehidupan Jakarta dapat semakin diperluas melalui pilihan moda transportasi yang lebih banyak serta cara pembayaran yang lebih mudah.
“Mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi mengingatkan akan pentingnya kolaborasi dan integrasi dengan berbagai pihak termasuk pelaku industri teknologi seperti GoTo dengan GoPay sebagai solusi keuangan digitalnya, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya kemudahan mobilisasi dan bertransaksi,” katanya.
Yana juga mengatakan nota kesepahaman yang segera diikuti dengan beberapa langkah lanjutan ini akan dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang pada akhir tahun ini telah mencapai lebih dari 800 ribu per hari.
Selain memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, kolaborasi GoPay dan Transjakarta melengkapi kerja sama strategis GoPay lainnya dengan sejumlah layanan transportasi umum di berbagai kota seperti Kereta Commuter Indonesia, MRT Jakarta, Bus Trans Pakuan Bogor, Trans Semarang, hingga Blue Bird. Kerja sama dengan berbagai transportasi publik terbukti telah meningkatkan transaksi GoPay untuk layanan mobilitas sebesar lebih dari 4x lipat sejak Januari hingga November 2022.
Tidak berhenti di sini, bentuk kolaborasi lainnya dari GoTo dan Transjakarta juga akan segera diperkenalkan, untuk menawarkan lebih banyak kemudahan bagi pengguna Transjakarta, antara lain untuk membeli tiket Transjakarta melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek.
STEVY WIDIA