youngster.id - Kolaborasi Tokopedia dan TikTok melalui kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 berhasil meningkatkan penjualan sejumlah brand kecantikan dan fashion hingga belasan kali lipat. Kegiatan di momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 ini memang bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas.
Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengungkap, animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal. Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.
“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ucap Aditia yang dikutip, Rabu (20/12/2023).
Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu, antara lain Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga. Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.
Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan. Seperti SAFF & Co., Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.
“Sebagai brand lokal parfum, SAFF & Co. terus mendapatkan dukungan dari Tokopedia dan TikTok yang turut berkontribusi pada penjualan kami,” ujar Santi Tan Co-Founder SAFF & Co. Pada momen Harbolnas 12.12, SAFF & Co. meluncurkan varian parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ secara eksklusif.
Hal senada disampaikan Adhitya Caesarico founder Aerostreet. Menurut dia, lewat kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan TikTok penjualan produk-produk Aerostreet melonjak berkali lipat jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.
“Kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan TikTok sangat membantu kami untuk meningkatkan penjualan produk-produk Aerostreet,” ujarnya.
Selain kecantikan dan perawatan tubuh serta fesyen, kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 yang diusung oleh Tokopedia dan TikTok juga membawa dampak positif bagi pelaku usaha lokal di kategori Rumah Tangga. Salah satu pelaku usaha lokal tersebut adalah INTHEBOX, yang saat ini memiliki pabrik di Bandung, Jawa Barat, dan memberdayakan sekitar 500 karyawan.
“Membangun brand awareness di awal bukan hal yang mudah. Keberadaan Tokopedia dan TikTok sangat membantu kami untuk membentuk brand awareness tersebut. Apalagi dengan bergabung di kampanye ‘Beli Lokal’, INTHEBOX bisa mengalami lonjakan penjualan di lebih dari 7 kali lipat di Tokopedia khususnya saat Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023, dan lebih dari 3 kali lipat di TikTok dibandingkan bulan September 2023,” kata Feiko Revoliady Robin Public Relations INTHEBOX (PT Duta Mas Mandiri).
STEVY WIDIA
Discussion about this post