Kominfo Gandeng Aruna Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital Bersama Nelayan

Aruna

Founders startup Aruna. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersinergi dengan Aruna, startup perikanan yang merevolusi ekosistem perdagangan hasil laut dengan teknologi. Startup ini berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate mengatakan, saat ini tengah fokus pada adopsi teknologi digital 4.0. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya Kemenkominfo dalam mengedukasi masyarakat akan teknologi digital khususnya bagi nelayan.

“Pemerintah berupaya mengoptimalisasi potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi bagi UMKM yang masih berjualan secara luring,” kata Johnny dalam keterangan pers, Jumat (27/5/2022)

Menurut dia, ada 13 kawasan yang menjadi prioritas untuk meningkatkan kemampuan (scale up) adopsi teknologi digital 4.0 di tahun 2022 ini. Yaitu, Sumatra Utara, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Papua dan Papua Barat,” paparnya.

Sementar aitu Chief Sustainability Officer & Co-founder Aruna Utari Octavianty mengatakan, upaya Kominfo saat ini sejalan dengan fokus perusahaan. Aruna dibantu oleh Yayasan Maritim Nusantara Lestari selalu konsisten untuk mengedukasi nelayan Aruna agar mereka memahami manfaat dan kegunaan dari teknologi khususnya teknologi yang Aruna kembangkan.

“Kami berterima kasih kepada Kominfo yang telah mensupport kami dalam kegiatan ini. Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini, nelayan Aruna semakin termotivasi dan semakin ter-upgrade level pengetahuan mereka tentang teknologi digital, khususnya teknologi Aruna,” kata Utari.

Dia menjelaskan, teknologi Aruna mengedepankan sustainability, traceability dan supply chain dalam proses bisnis. Melalui teknologi Aruna, Aruna mampu meringkas proses supply chain yang panjang sehingga berdampak pada kepastian harga jual yang aman dan adil bagi nelayan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version