Kominfo Gelar Hub.ID Summit 2022, Dorong Peningkatan Bisnis Startup

HUB.ID

HUB.ID merupakan program akselerator bagi para pelaku startup di tahapan post-seed. (Foto: istimewa/Kominfo)

youngster.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendorong pertumbuhan dan peningkatan skala bisnis startup. Untuk itu, melalui Direktorat Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) akan menggelar konferensi dan pertemuan bisnis HUB.ID Summit 2022.

Sebelumnya, pada tahun lalu, Kemenkominfo telah berhasil menjalankan program HUB.ID Accelerator dengan memfasilitasi 43 startup digital dengan fokus kepada sejumlah rangkaian business matchmaking. Program yang juga sukses melahirkan tiga startup lulusan yang kini telah mendapatkan pendanaan dan menciptakan lebih dari 100 potensi kerjasama bisnis baru dengan melibatkan 47 mitra yang tergabung dalam jejaring HUB.ID.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangerapa mengatakan,  HUB.ID Summit 2022 akan mampu menciptakan peluang lebih tinggi bagi para perusahaan rintisan dalam negeri untuk mendapatkan investor skala global.

“HUB.ID Summit 2022 adalah pusat pertemuan bisnis antara startup digital, perusahaan modal ventura lokal dan global, industri, Kementerian/Lembaga, BUMN, serta mitra bisnis. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan startup digital Indonesia ke investor maupun mitra bisnis tidak hanya lokal tetapi juga luar negeri agar dapat turut bersaing dalam bisnis global,” kata Semuel dalam siaran pers, Jumat (20/5/2022).

Melalui gelaran acara ini, Kominfo berharap perusahaan rintisan yang berpartisipasi dalam HUB.ID kelak bisa menjadi unicorn mengikuti jejak startup digital lainnya. Untuk itu, Kemenkominfo memiliki posisi tidak hanya sebagai regulator, tetapi juga fasilitator yang menyiapkan masyarakat untuk hidup di era ekonomi digital.

“Saya berharap peserta startup yang mengikuti acara ini bisa menjadi produsen teknologi dalam negeri yang mampu memunculkan kembali unicorn dan decacorn baru di Indonesia,” imbuh Semuel.

Sementara itu Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo, I Nyoman Adhiarna menambahkan, kegiatan yang merupakan pra-acara ini ditujukan demi mendorong para peserta program pembinaan startup digital Kemenkominfo dan umum untuk mengikuti kegiatan HUB.ID Summit 2022.

“HUB.ID Summit siap memfasilitasi para peserta program pembinaan startup digital Kemenkominfo dan umum untuk promosi, berjejaring, bertemu investor dan mitra bisnis, serta meningkatkan skala bisnisnya. Selain untuk peserta pembinaan dari Kominfo, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang bisa diikuti via Zoom,” ungkap Adhiarna.

Fokus sektor start-up yang diharapkan bergabung dalam HUB.ID meliputi enterprise & government tech, agritech, healthtech, social commerce & SME enable, serta web 3.0.

“Dalam acara ini, kami juga punya target yakni mampu mengkurasi 80 tech startup serta menggaet 50 investor dan rekan bisnis,” jelas Luat Sihombing Ketua Tim Fasilitasi Business Matchmaking Start-up Digital.

Sementara itu, Italo Gani selaku Strategic Partner Impactto mengungkapkan, HUB.ID diharapkan bisa diikuti oleh tipe start-up dan investor dengan kriteria angel-invested start-ups, pre-seed/seed round start-ups, sampai pre-series A startups.

Acara HUB.ID Summit 2022 akan berlangsung pada 5-6 September 2022 di Bali.

STEVY WIDIA

Exit mobile version