Kompetisi Fotografi Canon PhotoMarathon Jakarta Jaring 1.000 Peserta

Canon PhotoMarathon Jakarta 2023

Panitia dan Juri Canon PhotoMarathon Jakarta 2023. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Canon PhotoMarathon Jakarta 2023 akan digelar pada 2 September 2023. Kompetisi fotografi tematik ini menargetkan menjaring 1.000 peserta baik dari kalangan umum dan pelajar. Para peserta bebas untuk menggunakan perangkat kamera, mulai kamera saku digital, DSLR ataupun mirrorless dari berbagai merek.

Kompetisi fotografi ini digelar PT Datascrip selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia. Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan mengatakan, ajang ini tidak sekadar menguji kemampuan fotografi dan memperebutkan hadiah.

“Peserta kompetisi ini berkesempatan untuk menguji kemampuan fotografinya serta mendapatkan pengalaman baru sembari berkumpul dengan para pecinta fotografi Indonesia,” kata Monica dalam keterangannya, Sabtu (22/7/2023).

Canon PhotoMarathon Jakarta ini telah diadakan sejak 2009. Namun vakum akibat pandemi Covid-19 (2020-2022).  Senior Manager Marketing Support PT Datascrip Angelie Ivone menjelaskan, Canon PhotoMarathon Jakarta 2023 akan melombakan dua tema foto yang akan diumumkan selama acara berlangsung.

“Peserta diberikan waktu untuk hunting foto di lokasi sekitar, kemudian dewan juri akan menyeleksi hasil foto,” ujarnya.

Para juri kompetisi ini adalah profesional dari beragam genre fotografi. Mereka adalah Aldo Sinarta, Mas Agung Wilis Yudha Baskoro, Michael Sidharta, Misbachul Munir, Rendha Rais, dan Willy Kurniawan.

Aldo mengatakan, ada beberapa poin yang akan diperhatikan dalam penilaian karya fotografi. Pertama adalah aspek teknis fotografi, kedua estetika visual seperti komposisi dan kombinasi warna. Ketiga adalah pesan yang akan dibagikan dalam karya seninya.

Sementara Mas Agung menambahkan, faktor unik dan eye catching sebagai faktor penentu penilaian. “Apalaginya jika fotonya bisa bercerita, itu menjadi nilai plus,” ujarnya.

Adapun hadiah yang ditawarkan mencakup printer, kamera saku, hingga DSLR dan mirrorless full frame Canon, dengan nilai total ratusan juta rupiah.

Pendaftaran sudah dimulai 12 Juli dan berlangsung sampai 12 Agustus 2023.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version