Konsep “Blue Beauty” Pada Tren Kecantikan Conscious Beauty

Blue Beauty

Konsep “Blue Beauty” Pada Tren Kecantikan Conscious Beauty (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Saat ini industri kecantikan termasuk di Indonesia sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat, inovasi yang muncul pada industri pun sudah mulai beragam. Seiring berkembangnya industri kecantikan secara keseluruhan, turut juga mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat akan isu lingkungan yang terdampak dari pertumbuhannya penggunaan produk kecantikan.

Salah satunya dengan munculnya berbagai kampanye dan gerakan untuk mendukung industri kecantikan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Termasuk dengan konsumen dan beberapa pelaku industri yang sudah mulai mengaplikasikan gerakan ramah lingkungan seperti dengan hadirnya dan permintaan akan produk berkonsep Clean Beauty, Green Beauty hingga Conscious Beauty.

Konsep Conscious Beauty merupakan gerakan pendekatan bijakasana terhadap produk kecantikan yang digunakan sehari-hari, dengan sadar akan seluruh aspek yang terkait berupa manusia, hewan, kesehatan bumi, dan tanggung jawab akan lingkungan secara keseluruhan. Dengan menghasilkan produk berkelanjutan, ramah lingkungan, aman, dan fokus terhadap seluruh aspek etika. Hal tersebut juga sudah mulai diterapkan oleh misalnya Cosmax Indonesia mencakup penggunaan solar panel sebagai energi listrik berkelanjutan, proses produksi ramah lingkungan, sertifikasi lengkap hingga jaminan aman akan produk yang dihasilkan kepada pasar.

Tak hanya itu, konsep gerakan ramah lingkungan berkelanjutan lainnya yaitu berupa Blue Beauty, yang merupakan gerakan keberlanjutan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan laut dengan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi terumbu karang dengan memiliki tujuan menuju kemasan tanpa limbah. Pada dasarnya, konsep Blue Beauty menggunakan bahan-bahan yang aman, bersumber secara berkelanjutan, aman bagi ekosistem laut serta menggunakan kemasan  produk yang dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang, atau dapat diisi ulang.

Di sisi lain, Blue Beauty juga secara khusus bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan produk kecantikan bagi ekosistem laut. Penggunaan konsep Blue Beauty turut mempertimbangkan setiap aspek siklus produk mulai dari bahan, produksi, pengemasan, pengiriman, penggunaan, hingga pembuangan produk. Beberapa produk merek kecantikan global, kini sudah mulai mengadaptasi konsep Blue Beauty seperti Hero Cosmetics Force Shield Superlight Sunscreen Broad Spectrum SPF 30 dan Make P:rem UV Defense Me Daily Sun Essence, yakni produk kecantikan yang hadir dengan memberikan konsep reefsafe atau reef-friendly.

Tanpa disadari beberapa produk kecantikan, salah satunya tabir surya atau sunscreen dapat menjadi polusi bagi ekosistem laut seperti dengan penggunaan bahan baku berupa microplastic, parabens, oxybenzone, dan octinoxate karena dapat mencemari ekosistem laut dan terumbu karang. Sebagai konsumen, salah satu cara untuk menerapkan Blue Beauty yaitu dengan memilih produk alternatif ramah lingkungan seperti menggunakan produk tabir surya safe minerals yang menggunakan mineral-based formula, titanium dioxide dan zinc oxide sebagai pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version