Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kontribusi Pengembang Game Lokal Masih Minim

4 September 2017
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Kontribusi Pengembang Game Lokal Masih Minim

Triawan Munaf, Kepala Bekraf. (Foto: Bekraf/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pertumbuhan industri game di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Namun kontribusi pengembang game lokal masih kurang dari 1% di pasar game Indonesia.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, Triawan Munaf menyampaikan, meskipun potensi pasar game di Indonesia sangat besar, kontribusi pengembang gim lokal masih sangat minim. Game yang dimainkan oleh masyarakan Indonesia kebanyakan merupakan kreasi dari pengembang luar negeri. Sementara kontribusi pengembang game lokal masih kurang dari 1%.

“Market size industri game di Indonesia besar sekali. Tapi sayangnya pencipta game dari Indonesia belum bisa menguasai pasar dalam negeri,” kata Triawan Munaf saat ditemui di pembukaan acara K-Content Expo 2017, di Jakarta, Sabtu (2/9).

Baca juga :   500 Startup Hadiri Roadshow SWC di Makassar

Triawan juga mengatakan kemampuan pengembang game lokal dalam menciptakan sebuah game sebenarnya tidak kalah dengan pengembang gim dari luar negeri. Hanya saja pengembang gim lokal belum memiliki akses mendapatkan development kit dari konsol game ternama seperti PlayStation, Xbox One, Nintendo Switch, dan sebagainya. Hal inilah yang coba dibukakan oleh Bekraf.

“Tinggal dibukakan development kit dan bagaimana memasarkannya. Sekarang kan publisher-nya itu lebih banyak di luar, sehingga kami harus negosiasi dengan mereka. Kami sudah bicara dengan Microsoft (pembuat Xbox), mereka sudah menyambut baik dan akan mereka buka. Tinggal kami jadwalkan untuk bertemu mereka dalam waktu dekat,” tutur Triawan.

Berdasarkan riset Newzoo, pasar game Indonesia sepanjang semester pertama 2017 berhasil menyentuh angka US$ 900 juta dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) naik 200% setiap tahunnya dari tahun 2015.

Baca juga :   Bekraf Gelar Coding Mom Bagi Buruh Migran

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)game lokalK-Content Expo 2017Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf
Previous Post

Surabaya Diharapkan Topang Industri Startup

Next Post

Industri Kreatif Hiburan Perlu Belajar Dari Korsel

Related Posts

Industri Game Lokal Baru Kuasai 0,5% Pasar di Indonesia
News

Industri Game Lokal Baru Kuasai 0,5% Pasar di Indonesia

8 Oktober 2024
0
game loka
News

Miris, Game Lokal Hanya Menguasai 0,5% Pasar Game di Indonesia

6 November 2022
0
WIR Soulcops
Headline

Soulcops dan WIR Group Hadirkan IP Lokal di Dunia Metaverse

10 Mei 2022
0
Load More
Next Post
Industri Kreatif Hiburan Perlu Belajar Dari Korsel

Industri Kreatif Hiburan Perlu Belajar Dari Korsel

Thailand Juara Kompetisi Mobile Legends Se-Asia Tenggara

Thailand Juara Kompetisi Mobile Legends Se-Asia Tenggara

Pemerintah Targetkan Capai 15 Juta Wisman di 2017

Pemerintah Dorong Industri Pariwisata Ke Arah Digital

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version