Lalu Lintas Data Internet Terpusat di Jawa Saat Lebaran

Petugas mempersiapkan jaringan data telekomunikasi. (Foto: XL Axiata/youngster.id)

youngster.id - Pulau Jawa menjadi wilayah dengan lalu lintas data tertinggi selama liburan Hari Raya Idulfitri 1440 H. Dan wilayah Jawa Tengah mengalami peningkatan lalu lintas data tertinggi untuk Telkomsel selama liburan Lebaran dengan kenaikan lalu lintas data sebesar 44% dibandingkan dengan hari biasa.

Jawa Barat dan Jawa Timur masing-masing mengalami kenaikan lalu lintas data sebesar 31,2% dan 26,9% dibandingkan dengan hari biasa.

Dalam mengantisipasi peningkatan trafik tersebut Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan utamanya di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama.

Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang disiapkan antara lain membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multiband LTE, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15 persen menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem teknologi untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Sementara itu, XL Axiata juga mencatat trafik layanan data juga meningkat hingga 24% dibandingkan hari biasa. Sementara jika dibandingkan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57%. Selain data, trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3% dibandingkan hari biasa. Sedangkan layanan percakapan/voice cenderung mengalami penurunan karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data. Propinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% hari biasa.

“Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika kami bisa memastikan semua berjalan baik, maka pelanggan akan nyaman dan trafik dengan sendirinya juga meningkat,” kata Yessie D. Yosetya Direktur Teknologi XL Axiata.

Mencermati lonjakan trafik data yang terjadi dibandingkan hari-hari normal, pelanggan terlihat sangat nyaman dalam menggunakan semua jenis layanan.  Untuk trafik mengakses ke layanan pesan berbasis data (instant messaging)/Whats App,Line dan sebagainya secara rata-rata meningkat meningkat sebesar 48%, mengakses layanan jejaring sosial (SNS:Facebook, Twitter, Instagram) meningkat 17%, streaming video dan sebagainya meningkat sebesar 22% dan lebaran tahun ini di tunjukkan dengan mulai naiknya akses games sebesar 15%.

Kontribusi peningkatan trafik akses SNS di hari lebaran terutama didukung meningkatnya trafik mengakses aplikasi Instagram (35%), ada juga peta digital WAZE yang meningkatkan sebesar 93% dibandingkan hari biasa dan selama masa mudik layanan portal Hiburan (entertainment)seperti spotify naik 8% dan Netflix 77%.

Untuk aktifitas pembelian online selama lebaran 2019 juga mengalami perubahan pola dibandingkan lebaran 2018. Bila Lebaran 2018, situs Lazada paling banyak diakses pelanggan, maka selama Lebaran 2019, Shopee menjadi situs belanja online yang paling banyak diakses pelanggan, disusul Bukalapak dan Tokopedia.

Untuk mengantisipasi hal tersebut XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.

Selain itu, XL Axiata juga menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran. Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.

Selanjutnya, setelah tersedia sarana jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, perpindahan trafik layanan antar daerah juga meningkat. Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8% selama lebaran 2019. Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik antara 10-25%, Jawa Barat naik 11-43%, Lampung naik 38%, dan Sumatera Selatan naik 15%.

Kota-kota yang menyumbang kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik atau perpindahan pelanggan tersebut. Kota Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137% di banding hari normal, selanjutnya Kota Kuningan naik 102%, dan Kabupaten Pemalang naik 83%.

Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kab. Kutai Kartanegara naik 79%, kota Tanah Laut naik sekitar 51%, lalu diikuti kota Balikpapan setinggi 40%. Sementara di Sulawesi, Kab. Pinrang, naik sekitar 81%, dan Kota Manado naik sekitar 16%.

STEVY WIDIA

Exit mobile version