Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Layanan Pesan-Antar Online Telah Jadi Keseharian Masyarakat

9 Januari 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
layanan pesan-antar makanan online

Layanan pesan-antar makanan online. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Aplikasi pesan-antar online muncul sebagai bagian utama dalam aktivitas konsumen. Hal ini menawarkan peluang bagi para pelaku bisnis untuk melibatkan dan membangun hubungan yang lebih strategis dengan pengguna layanan pesan-antar online.

Data survei Grab terbaru menunjukkan bahwa 7 dari 10 pengguna di Indonesia telah menganggap layanan pesan-antar online sebagai bagian permanen dalam keseharian mereka.

Sebagai pengguna Grab paling sering di Asia Tenggara, konsumen Indonesia memesan secara online 1.5 kali lebih sering di GrabFood dan GrabMart dalam 3 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa layanan pesan-antar online telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian mereka. Konsumen di Indonesia juga dilaporkan sebagai pengguna yang paling sering menggunakan jasa pesan-antar online.

“Jika Anda secara otomatis mengambil handphone untuk memesan makan malam keluarga setelah melewati hari yang sibuk, atau memasukkan barang kebutuhan harian ke keranjang belanja online Anda secara naluriah sebelum menyiapkan makanan, maka Anda tidak sendirian. Walaupun peningkatan penggunaan pesan-antar online ini mungkin disebabkan oleh pandemi beberapa tahun belakangan, hal ini tidak membuat kebiasaan tersebut akan hilang. Kebiasaan ini bahkan akan terus berlangsung ke depannya,” ungkap Jennie Johnson Head of Marketing GrabAds dalam keterangannya, Senin (9/1/2023).

Baca juga :   Digiserve dan Telkom Akses Kerja Sama Optimalkan Infrastruktur dan Layanan SD-WAN

Disebutkan pula dalam laporan survei Grab, mengingat konsumen memesan lebih sering maka mereka juga memesan dengan jumlah lebih yang lebih banyak. Tercatat pada 2019 dan 2022, rata-rata uang yang dihabiskan untuk belanja di GrabFood tumbuh sebesar 54%, untuk GrabMart tumbuh sebesar 90%. Lebih lanjut, nilai pembelanjaan tunggal terbesar di Indonesia tahun ini mencapai Rp 9 juta.

Selain itu, keluarga muda ternyata menjadi pengguna pesan-antar paling sering. Kelompok ini memanfaatkann layanan pesan-antar online makanan lebih dari 8 kali dalam sebulan dan melakukan belanja harian online lebih dari 10 kali dalam sebulan. Sedangkan jumlah pengguna yang sudah menikah dan memiliki anak tidak hanya didominasi di Indonesia saja, melainkan juga di Vietnam sebesar 74% dan Malaysia sebesar 62%.

Baca juga :   Donasi Bersama OVO, Tokopedia dan Grab Raih Rp5 M

Menurut hasil survei terhadap lebih dari 20.000 pengguna layanan pesan-antar makanan dan belanja kebutuhan harian online di Indonesia serta data internal dari platform Grab, bahwa pembatasan maupun pemberlakuan lockdown telah mengubah ekspektasi masyarakat untuk hal sehari-hari, pola konsumsi makanan, serta belanja. Secara umum, konsumen menyebutkan kenyamanan layanan on-demand sebagai alasan utama untuk terus beralih ke layanan pesan-antar online.

Bahkan, Berdasarkan catatan, sebanyak 88% konsumen dapat mengenal restoran baru berkat layanan pesan-antar makanan online, dan ada 9 dari 10 orang telah menemukan berbagai merchant baru yang belum pernah mereka kunjungi secara langsung. Selain itu, konsumen menghabiskan rata-rata 17 menit untuk mencari dan menelusuri katalog restoran di GrabFood sebelum memesan makanan, sehingga dapat menciptakan peluang bagi merchant untuk menjangkau dan mempengaruhi pengguna Grab.

Baca juga :   Kwartal Pertama 2017 Pendapatan Indosat Ooredoo Meningkat

Peluang tersebut dapat dimanfaatkan para merchant untuk menyesuaikan menu mereka dengan unsur nilai budaya dan kebiasaan target konsumen di daerahnya. Semisal menawarkan pilihan menarik lainnya, seperti makanan dalam bentuk paket atau kombo spesial, sharing platter atau makanan ringan dan pelengkap yang disukai masyarakat Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Tags: Aplikasi pesan-antar onlinebelanja onlineGrabsurvei
Previous Post

Kini Xiaomi Punya 29 ribu Hak Paten Untuk Ekosistem Teknologi Komunikasi

Next Post

Startup Tentang Anak Peroleh Pendanaan Lanjutan

Related Posts

e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
belanja online
Analyze

Mitgo: Dikontribusi Fashion, Belanja Online Indonesia Tunjukkan Pertumbuhan Pesat

27 Agustus 2025
0
e-commerce
Analyze

Transaksi Belanja Online Capai Rp44,4 Triliun Pada Semester I 2025

25 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Tentang Anak

Startup Tentang Anak Peroleh Pendanaan Lanjutan

Reni Yanita - Kemenperin

Kemenperin Fasilitasi Berbagai Program untuk Dongkrak Daya Saing IKM

FLIK

Startup FLIK Raih Pendanaan Pra-awal Usai Kembangkan Solusi Checkout Terpadu

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version