Jumat, 3 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Layanan Pesan-Antar Online Telah Jadi Keseharian Masyarakat

9 Januari 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
layanan pesan-antar makanan online

Layanan pesan-antar makanan online. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Aplikasi pesan-antar online muncul sebagai bagian utama dalam aktivitas konsumen. Hal ini menawarkan peluang bagi para pelaku bisnis untuk melibatkan dan membangun hubungan yang lebih strategis dengan pengguna layanan pesan-antar online.

Data survei Grab terbaru menunjukkan bahwa 7 dari 10 pengguna di Indonesia telah menganggap layanan pesan-antar online sebagai bagian permanen dalam keseharian mereka.

Sebagai pengguna Grab paling sering di Asia Tenggara, konsumen Indonesia memesan secara online 1.5 kali lebih sering di GrabFood dan GrabMart dalam 3 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa layanan pesan-antar online telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian mereka. Konsumen di Indonesia juga dilaporkan sebagai pengguna yang paling sering menggunakan jasa pesan-antar online.

“Jika Anda secara otomatis mengambil handphone untuk memesan makan malam keluarga setelah melewati hari yang sibuk, atau memasukkan barang kebutuhan harian ke keranjang belanja online Anda secara naluriah sebelum menyiapkan makanan, maka Anda tidak sendirian. Walaupun peningkatan penggunaan pesan-antar online ini mungkin disebabkan oleh pandemi beberapa tahun belakangan, hal ini tidak membuat kebiasaan tersebut akan hilang. Kebiasaan ini bahkan akan terus berlangsung ke depannya,” ungkap Jennie Johnson Head of Marketing GrabAds dalam keterangannya, Senin (9/1/2023).

Baca juga :   Pemerintah Targetkan Lahir Satu Unicorn Startup Tiap Tahun

Disebutkan pula dalam laporan survei Grab, mengingat konsumen memesan lebih sering maka mereka juga memesan dengan jumlah lebih yang lebih banyak. Tercatat pada 2019 dan 2022, rata-rata uang yang dihabiskan untuk belanja di GrabFood tumbuh sebesar 54%, untuk GrabMart tumbuh sebesar 90%. Lebih lanjut, nilai pembelanjaan tunggal terbesar di Indonesia tahun ini mencapai Rp 9 juta.

Selain itu, keluarga muda ternyata menjadi pengguna pesan-antar paling sering. Kelompok ini memanfaatkann layanan pesan-antar online makanan lebih dari 8 kali dalam sebulan dan melakukan belanja harian online lebih dari 10 kali dalam sebulan. Sedangkan jumlah pengguna yang sudah menikah dan memiliki anak tidak hanya didominasi di Indonesia saja, melainkan juga di Vietnam sebesar 74% dan Malaysia sebesar 62%.

Baca juga :   80% Orang Indonesia Lebih Memilih Belanja Online di Marketplace

Menurut hasil survei terhadap lebih dari 20.000 pengguna layanan pesan-antar makanan dan belanja kebutuhan harian online di Indonesia serta data internal dari platform Grab, bahwa pembatasan maupun pemberlakuan lockdown telah mengubah ekspektasi masyarakat untuk hal sehari-hari, pola konsumsi makanan, serta belanja. Secara umum, konsumen menyebutkan kenyamanan layanan on-demand sebagai alasan utama untuk terus beralih ke layanan pesan-antar online.

Bahkan, Berdasarkan catatan, sebanyak 88% konsumen dapat mengenal restoran baru berkat layanan pesan-antar makanan online, dan ada 9 dari 10 orang telah menemukan berbagai merchant baru yang belum pernah mereka kunjungi secara langsung. Selain itu, konsumen menghabiskan rata-rata 17 menit untuk mencari dan menelusuri katalog restoran di GrabFood sebelum memesan makanan, sehingga dapat menciptakan peluang bagi merchant untuk menjangkau dan mempengaruhi pengguna Grab.

Baca juga :   Dorong Masyarakat Migrasi Belanja Online Bahan Makanan, Kedai Sayur Luncurkan KedaiMart

Peluang tersebut dapat dimanfaatkan para merchant untuk menyesuaikan menu mereka dengan unsur nilai budaya dan kebiasaan target konsumen di daerahnya. Semisal menawarkan pilihan menarik lainnya, seperti makanan dalam bentuk paket atau kombo spesial, sharing platter atau makanan ringan dan pelengkap yang disukai masyarakat Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Tags: Aplikasi pesan-antar onlinebelanja onlineGrabsurvei
Previous Post

Kini Xiaomi Punya 29 ribu Hak Paten Untuk Ekosistem Teknologi Komunikasi

Next Post

Startup Tentang Anak Peroleh Pendanaan Lanjutan

Related Posts

Peresmian Desa Digital Amartha
News

Kurangi Ketimpangan Literasi Digital, Amartha Foundation Resmikan Program Desa Digital di Sulawesi Tengah

2 Februari 2023
0
mobile game
News

Nostra Klaim Capai 75 Juta MAU di Online Gaming

2 Februari 2023
0
PLTS Atap
News

Xurya Jangkau Lebih Banyak Industri untuk Pertumbuhan Industri Hijau

2 Februari 2023
0
Load More
Next Post
Tentang Anak

Startup Tentang Anak Peroleh Pendanaan Lanjutan

Reni Yanita - Kemenperin

Kemenperin Fasilitasi Berbagai Program untuk Dongkrak Daya Saing IKM

FLIK

Startup FLIK Raih Pendanaan Pra-awal Usai Kembangkan Solusi Checkout Terpadu

Discussion about this post

Berita Terbaru

Peresmian Desa Digital Amartha

Kurangi Ketimpangan Literasi Digital, Amartha Foundation Resmikan Program Desa Digital di Sulawesi Tengah

2 Februari 2023
0
Komunitas Kejar Mimpi CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga Ajak Anak Muda Berpartisipasi dalam Gerakan Sosial Kejar Mimpi

2 Februari 2023
0
Finnet x KCIC

Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

2 Februari 2023
0
mobile game

Nostra Klaim Capai 75 Juta MAU di Online Gaming

2 Februari 2023
0
PLTS Atap

Xurya Jangkau Lebih Banyak Industri untuk Pertumbuhan Industri Hijau

2 Februari 2023
0
edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version