Lazada Business Advisor, Beri Panduan Ambil Keputusan Bisnis Yang Jitu

lazada-QRIS on Delivery

QRIS on Delivery dari Lazada. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Meningkatnya permintaan akan belanja online menghadirkan peluang besar bagi penjual di e-Commerce. Namun menjalani transaksi jual beli di lanskap yang terus berubah memerlukan panduan untuk membantu dalam pengambilan keputusan bisnis. Untuk itu, hadir Lazada Business Advisor.

Chief Business Officer Lazada Indonesia Stefan Winata mengatakan, selain mengadopsi berbagai alat yang mendukung teknologi, penjual Lazada, dapat dengan mudah memanfaatkan kekuatan data dengan menggunakan sumber daya yang tersedia di platform.

“Dunia e-commerce yang terus berkembang bisa jadi menakutkan bagi penjual, namun dapat dihadapi dengan percaya diri dengan fitur dan strategi yang tepat. Untuk itu Lazada menghadirkan Lazada Business Advisor, fitur di dalam dasbor khusus penjual, Seller Center, yang memungkinkan penjual untuk memeriksa kinerja toko mereka,” ucapnya dikutip Jumat (26/7/2024).

Stefan menjelaskan, fitur ini memberikan penjual berbagai data dan informasi, termasuk kinerja keseluruhan pada berbagai metrik bisnis, berbagai wawasan bisnis sampai pada tingkat produk, hingga informasi tren dan minat terbaru konsumen, dan pada akhirnya, menyempurnakan strategi penjualan. Dengan menguasai data, akan membantu penjual online membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan membuat penawaran yang dipersonalisasi.

“Kami menyadari bahwa dengan memanfaatkan kekuatan data, penjual dapat membuat keputusan yang tepat, mengoptimalkan kinerja toko online, dan mencapai kesuksesan jangka panjang,” ujarnya.

Berikut lima tips memanfaatkan Lazada Business Advisor untuk menguasai data untuk strategi bisnis terbaik :

1. Memantau kinerja toko secara keseluruhan dengan cepat, dengan memeriksa data traffic pengunjung dan penjualan secara real-time di dasbor.

Memastikan produk dilihat oleh pengguna Lazada dan mengarahkan mereka ke toko penjual dapat dilakukan melalui tampilan produk di tempat dengan potensi visibilitas yang tinggi, baik di aplikasi seperti dalam konsol pencarian ataupun rekomendasi, maupun di luar aplikasi seperti di iklan Lazada di platform lain atau membagikan link toko melalui media sosial.

Penjual Lazada dapat memanfaatkan fitur Promosi Berbayar Lazada untuk meningkatkan visibilitas produk ketika pembeli mencari kata kunci yang relevan. Mereka juga dapat memanfaatkan jaringan Afiliasi Lazada untuk menjangkau khalayak yang lebih luas di luar platform.

2. Mendalami analisis produk untuk mengidentifikasi produk unggulan dan produk yang berkinerja buruk serta menciptakan ukuran yang lebih baik mengenai produk atau kategori yang perlu diprioritaskan.

Memahami kinerja masing-masing produk yang dijual juga dibutuhkan untuk menyusun strategi penjualan. Dengan data kinerja, penjual bisa menentukan fokus promosi ke produk-produk menonjol ataupun prioritas kategori ke produk-produk dengan kinerja yang baik.

3. Memahami sumber utama traffic dan mengidentifikasi saluran paling efisien yang mendorong konversi tertinggi.

Lazada Business Advisor memberikan informasi mengenai sumber traffic pengunjung dan saluran yang dianggap paling potensial untuk mengubah traffic menjadi pembelian, misalnya apakah dari konsol pencarian secara organik, fitur rekomendasi Lazada, atau pun dari iklan Lazada.

Lazada Business Advisor juga memungkinkan penjual mengidentifikasi harga yang kompetitif baik untuk hari-hari biasa maupun selama periode kampanye.

Penjual dapat mempertimbangkan berbagai penawaran khusus untuk pelanggan, seperti diskon ataupun gratis ongkos kirim yang telah terbukti menjadi alat yang sangat efektif untuk mendorong pembeli memeriksa keranjang mereka, dan segera check out!

4. Analisis kinerja promosi dan manfaatkan peluang yang ditawarkan platform yang paling sesuai untuk mengembangkan bisnis
Setelah pembeli menjelajahi produk atau toko, ini merupakan peluang penjualan yang bagus untuk mendorong mereka membeli barang relevan lainnya yang awalnya tidak ada dalam daftar belanja.

Memberikan promosi, seperti Flexi Combo atau mekanisme beli 2 gratis 1 dan sejenisnya, atau menetapkan kondisi pembelanjaan minimum untuk diskon toko merupakan mekanisme yang efektif untuk membuat pembeli menambah barang belanjaan ke keranjang. Selain itu, LazCoins dan program loyalitas toko dapat membantu meningkatkan frekuensi.

Lazada Business Advisor ternyata bisa memantau kinerja promosi-promosi yang digunakan untuk menghasilkan data yang akan berguna dalam strategi penjualan.

5. Mengevaluasi kinerja layanan pelanggan dari tingkat respons obrolan dan waktu
Informasi dan wawasan di Lazada Business Advisor juga bisa menjadi dasar evaluasi untuk layanan pelanggan yang diberikan toko. Tentunya respons yang cepat dan memberikan solusi untuk pelanggan bisa menjaga loyalitas dan pembelian berulang dari pelanggan, yang merasa puas atas layanan toko.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version