youngster.id - Perusahaan e-commerce milik Alibaba, Lazada, menunjuk Achmad Alkatiri sebagai Chief Marketing Officer baru untuk Indonesia. Sebelum bergabung bersama Lazada, Achmad menghabiskan dua tahun bersama Shopee, sejak marketplace milik Garena tersebut diluncurkan tahun 2015.
Posisi ini sebelumnya dijabat oleh Sebastian Sieber. Dalam keterangan tertulis, Lazada menyebutkan bahwa Sebastian akan melanjutkan karirnya di Iran untuk perusahaan e-commerce lainnya, setelah 5 tahun berkontribusi untuk Lazada Indonesia.
Sebelum berkiprah di e-commerce, Achmad menghabiskan karirnya di industri travel dengan bekerja di perusahaan asal Singapura Wego dan kemudian Accorhotels. Dalam acara peluncuran “Lazada Upgrade UKM Roadshow” beberapa waktu lalu, Achmad menyebutkan fokusnya adalah untuk melakukan ekspansi Lazada di seluruh Indonesia.
“Ambisi kami adalah membantu pemerintah untuk menciptakan titik perekonomian digital baru di seluruh Indonesia, bukan hanya di kota-kota besar. Kami ingin mendorong lebih banyak UKM di daerah untuk berkembang dan lebih banyak masyarakat di seluruh nusantara mendapatkan kemudahaan akses produk apapun, melalui online,” kata pemuda asal Maluku berusia 28 tahun tersebut.
Pada Juni 2017, Alibaba, raksasa e-commerce China melakukan investasi tambahan sebesar US$ 1 miliar ke Lazada dan mengambil alih 83% kepemilikan.
Investasi ini digunakan untuk memperkuat pasarnya di wilayah Asia Tenggara, khususnya karena persaingan di wilayah ini mulai memanas, dengan masuknya JD.com dan Amazon.
Discussion about this post