youngster.id - Laporan ASEAN Regional Action Plan for Combating Marine Debris in the ASEAN Member States diperkirakan Asia Tenggara menghasilkan lebih dari 31 juta ton limbah plastik setiap tahunnya. Laporan itu juga menunjukkan 91% konsumen yang menyatakan khawatir terhadap persoalan limbah plastik di Asia Tenggara.
Peduli akan kondisi ini Lazada meluncurkan kampanye LazEarth sebagai bagian dari upaya mendukung praktik keberlanjutan (sustainability) dalam ekosistem perdagangan digital. Kampanye ini akan fokus pada pengurangan limbah plastik pada produk dan kemasan.
“Kampanye LazEarth adalah bagian dari upaya Lazada untuk mengatasi permasalahan limbah plastik dan untuk membantu pelanggan kami membuat keputusan berdasarkan informasi atas produk berkelanjutan,” kata Magnus Ekbom Chief Strategy Officer Lazada Group dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).
Untuk itu, Lazada bekerja sama dengan brand dan mitra LazMall membuat produk ramah lingkungan lebih mudah didapatkan sekaligus dikenali konsumen. Lewat kampanye ini, Lazada akan menampilkan lebih dari 70 brand dan 5.000 produk, khususnya dari kategori fashion dan produk FMCG yang dibuat, dikemas, serta dikirimkan dengan mengurangi penggunaan plastik atau menggunakan plastik berkualitas lebih baik.
Selain mengatasi permasalahan limbah plastik, Lazada juga menjalin berbagai kemitraan dan menjalankan inisiatif sosial untuk membangun ekosistem perdagangan digital yang berkelanjutan di Asia Tenggara.
Salah satunya ditunjukkan oleh unit usaha logistik milik Lazada, Lazada Logistics, berkolaborasi dengan beberapa mitra strategis di antaranya PT Smoot Motor Indonesia untuk memperkenalkan Blue Vehicle, armad pengiriman elektrik yang praktis dan ramah lingkungan.
Bersamaan dengan Hari Bumi, kampanye LazEarth ini akan berlangsung selama sehari pada 23 April 2022. Lazada memberikan penawaran dan promosi menarik pada pelanggan saat mereka berbelanja produk ramah lingkungan.
Sejak 2022 Lazada telah menawarkan paket yang dibuat dari material alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi brand di layanan Fullment by Lazada (FBL). Paket ramah lingkungan ini menggunakan kotak karton bersertifikasi FSC yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik.
STEVY WIDIA
Discussion about this post