youngster.id - YouTube telah hadir selama 10 tahun di Indonesia. Kini platform streaming video ini telah menjaring lebih dari 25 juta orang Indonesia menonton streaming YouTube ke televisi mereka pada tahun 2022 saja.
YouTube mengumumkan bahwa 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di televisi mereka di rumah, yang biasa disebut sebagai “Connected TV“. Tiga vertikal konten teratas yang biasa mereka tonton adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.
Bahkan, 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV, dengan 74% responden survei mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi.
“Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.
Dia menungkapkan, pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android.
“Mulai dari awareness hingga action, hubungan yang mendalam ini memberi peranan yang jelas dan bernilai kepada brand di sepanjang perjalanan konsumen. Dengan alat berkelas dunia yang dimiliki oleh Google, Anda punya cara tanpa batas untuk menceritakan kisah brand Anda, merencanakan campaign berikutnya dengan tepat, dan mengukur hasilnya untuk memaksimalkan upaya marketing,” kata Yolanda lagi.
Di Indonesia, kini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber (naik 30% year-on-year dari tahun 2021) dan ada lebih dari 16.200 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021).
Selain itu, bekerja sama dengan Kantar dan Persatuan Periklanan Indonesia digelar juga, YouTube Works Awards, sebuah acara penghargaan yang mengapresiasi dan merayakan campaign-campaign iklan paling menarik, efektif, dan kreatif diadakan untuk kedua kalinya di Indonesia.
Ada 243 kiriman dari berbagai industri di Indonesia termasuk yang menggunakan metode konvensional hingga digital-native dalam acara penghargaan ini, dengan Blibli meraih penghargaan tertinggi pada tiga dari tujuh kategori.
SVP Brand Strategy Blibli Marlen Deine mengatakan, kami menggunakan YouTube sebagai saluran media utama kami dan kampanye ini berjalan sangat mengesankan. “Dari perspektif metrik merek, kami melihat peningkatan minat pembelian sebesar +13%. Dari perspektif dampak bisnis, kampanye ini berhasil mendorong peningkatan pengunjung baru sebesar 187% dan peningkatan penjualan sebesar 50%,” ungkapnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post