youngster.id - Dalam membangun startup, mencapai pertumbuhan bisnis yang cepat dan segera menghasilkan pendapatan dengan biaya seminim mungkin merupakan idaman setiap founder. Hanya saja, banyak startup yang akhirnya gagal akibat kesalahan dalam melakukan penskalaan bisnisnya.
Menurut studi yang dirilis oleh Startup Genome Report, sekitar 70% startup digital gagal akibat penskalaan bisnis yang prematur. Salah satu faktornya adalah karena produk yang belum siap dan tidak benar-benar menjawab kebutuhan konsumen. Ini lah mengapa startup terutama di tahap early-stage perlu untuk melakukan iterasi produk hingga mencapai tahapan product-market fit.
Dalam Startup Studio Indonesia, program inkubasi yang diinisiasi oleh Kominfo diharapkan para founder early-stage startup mendapatkan mentoring bagaimana mengatasi masalah ini langsung dari para praktisi startup aktif dan terkemuka di Indonesia.
“Sekitar 60 pendiri dan praktisi startup aktif dan terkemuka telah bergabung menjadi mentor di Startup Studio Indonesia. Tujuan program Startup Studio Indonesia adalah membangun semangat kolaborasi antar pelaku startup untuk bersama-sama membangun ekosistem ekonomi digital yang tangguh melalui transfer pengetahuan, pembangunan karakter dan kompetensi startup yang berdaya saing tinggi,” ungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangan pers Jumat (21/5/2021).
Berikut di bawah ini wawasan yang dirangkum oleh Startup Studio Indonesia yang dapat menjadi tips bagi para founder :
Jadilah founder yang berorientasi pada produk
Untuk dapat mencapai tahapan product-market fit, founder startup harus berorientasi pada konsumen dalam melakukan iterasi penyempurnaan produknya. Kesalahan yang sering terjadi, founder bersikeras membuat produk yang menurut mereka terbaik bagi konsumennya tanpa bertanya kepada konsumen apa masalah sebenarnya dan apa yang mereka butuhkan.
Founder Sebagai Pengarah Visi & Pembuat Keputusan
Visi ini harus ditetapkan sejak awal Anda membangun bisnis startup dan pastikan tim Anda mengerti dan mempercayai visi dan misi yang telah didefinisikan. Visi misi ini akan menjadi pengarah tim Anda dalam mengembangkan produk dan bisnis.
Bangun Tim Produk Yang Andal
Untuk dapat berhasil mencapai tahapan product-market fit, founder startup harus didukung oleh tim produk yang andal. Oleh karena itu, membangun tim produk yang tepat sangat lah krusial.
Lakukan Pengukuran Metrik Product-Market Fit Yang Tepat
Beberapa metrik penting yang harus diperhatikan oleh founder ketika mengevaluasi produknya adalah pertumbuhan pengguna aktif produk Anda (bisa bulanan, mingguan bahkan harian bergantung pada jenis dan model bisnis), tingkat retensi pengguna, pertumbuhan metrik pengguna dan product-market fit, dan tingkat referral (apakah pengguna mereferensikan produk Anda ke pengguna lain).
Cari Mentor Yang Tepat Untuk Akselerasi Bisnis Anda
Anda dapat mempelajari banyak materi prinsip dasar membangun startup dan tahapan product-market fit dengan menjelajahi internet. Namun alangkah baiknya bila Anda juga memiliki mentor yang dapat memberikan wawasan praktis berdasarkan pengalamannya yang sudah terlebih dahulu membangun bisnis startup.
STEVY WIDIA
Discussion about this post