youngster.id - Linktree mengumumkan pendanaan US$110 juta yang dipimpin oleh Index Ventures dan Coatue dengan valuasi US$ 1,3 miliar. Dana ini akan digunakan untuk memperluas pasar, membangun tim, sumber pendapatan, dan memberikan lebih banyak manfaat untuk para penggunanya lewat berbagai pengembangan fitur dan kemitraan diseluruh dunia, termasuk Indonesia.
Linktree didirikan pada tahun 2016 sebagai platform “link-in-bio” yang memungkinkan para pengguna menampilkan identitas online dengan mudah dan mengkomersialisasikan profil mereka. Pengguna Linktree yang beragam terdiri dari 250 vertikal di seluruh dunia, dan pada tahun 2020 hingga 2021, vertikal kreator, pemusik, dan pelaku bisnis kecil masing-masing mengalami pertumbuhan rata-rata lebih dari 300%. Saat ini mereka telah menjaring lebih dari 24 juta pengguna.
“Kami telah berkembang lebih dari sekadar perusahaan ‘link-in-bio’ tradisional, menghubungkan keberadaan pengguna yang terfragmentasi di dunia maya, dan menetapkan posisi kami sebagai sub-sektor baru di industri teknologi. Pendanaan ini akan memastikan kami untuk terus berinovasi dan menciptakan berbagai alat dan solusi yang mendukung semua orang untuk mengembangkan, mengkurasi, dan memonetisasi aktivitas digital mereka, mempertahankan posisi Linktree sebagai pemimpin pasar,” kata Alex Zaccaria, co-founder, and CEO, Linktree dalam keterangan pers, Kamis (17/3/2022).
Pendanaan baru ini juga diikuti investor sebelumnya yakni AirTree Ventures dan Insight Partners, serta partisipasi baru dari Greenoaks Capital. Linktree mencatat lebih dari 1,2 miliar klik ke situs yang berhubungang dengan bisnis dan penjualan di tahun lalu.
Saat ini layanan Linktree memperluas pasar lokalnya sampai ke Indonesia dan menunjuk Country Manager, Linktree berkomitmen melayani para pengguna di Indonesia lebih baik lagi kedepannya.
“Indonesia telah melihat pertumbuhan pengguna layanan digital yang pesat. Dengan masyarakatnya yang aktif membagikan hal-hal yang mereka lakukan dan sukai di platform digital, Linktree siap memperkuat layanannya di Indonesia dan memenuhi kebutuhan para kreator, pelaku bisnis, dan pengguna layanan digital. Bersama masyarakat Indonesia, Linktree akan menghubungkan audiens, memfasilitasi dan memaksimalkan potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” kata Michael Wijaya Country Manager Linktree.
Adapun beberapa pengguna di Indonesia yang telah menggunakan platform ini terdiri dari brand-brand populer seperti Shopee Indonesia, Indomie dan Scarlett – hingga berbagai figur kenamaan seperti Maudy Ayunda, Boy William, Anang Hermansyah, Ashanty, dan masih banyak lagi.
STEVY WIDIA
Discussion about this post