Mahasiswa Unpad, Gagas Bimbingan Belajar Gratis Berbasis “Daring”

Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Aditya Pratama Ghifary. (Foto: Unpad/youngster.id)

youngster.id - Sebagai bentuk nyata dalam berkontribusi untuk negeri lewat disiplin ilmu yang dimiliki mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Aditya Pratama Ghifary menggagas bimbingan belajar gratis berbasis daring “Cerebrum”. Cerebrum hadir untuk mereka yang kesulitan akses bimbingan belajar, baik karena biaya maupun jarak.

Menurut Aditya, sekali pun bimbingan belajar saat ini banyak beroperasi di beberapa daerah, biaya yang dikeluarkan cukup mahal dan aksesbilitasnya tidak mampu menjangkau wilayah pedesaan.

“Dengan adanya Cerebrum ini kita ingin memeratakan kualitas pendidikan. Jadi orang yang di desa sama orang di kota bisa sama2 mendapatkan kualitas bimbel yang sama,” ungkap Aditya saat ditemui di Ruang Humas Unpad, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, belum lama ini.

Cerebrum diprioritaskan bagi mereka yang ingin lolos seleksi perguruan tinggi negeri. Bagi yang tertarik mengikuti Cerebrum, dapat mengisi formulir yang disediakan melalui laman atau media sosial instagram Cerebrum. Setelah mendaftar, para peserta akan mendapatkan silabus lengkap dan tautan video pembelajaran.

Baca juga :   Tingkatkan Kualitas Layanan, XL Raih Rekor Muri

“Untuk kontennya, kita sudah punya guru di setiap mata pembelajaran,” ungkap Aditya.

Semenjak diluncurkan Oktober 2017 lalu, Cerebrum sudah memiliki ribuan peserta. Bahkan akun Instagram dan Youtube Cerebrum sudah memiliki ratusan ribu pengikut. Diketahui dari testimonial peserta, banyak yang sangat terbantu akan hadirnya Cerebrum.

Selain bimbingan belajar gratis, Cerebrum juga memiliki aplikasi try out online dengan tarif Rp 50 ribu untuk 22 kali try out. Try out berbasis daring ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh para peserta.

Fitur try out daring pun sudah cukup lengkap, seperti terdapat manajemen waktu disesuaikan dengan ujian SBMPTN, hasil jawaban benar dan salah, hingga analisis soal dalam bentuk video.

“Jadi kalau misalnya ada teman-teman pelajar yang tidak bisa mengerjakan soalnya, nanti mereka bisa langsung playvideo pembahasannya di aplikasi itu,” ujar Aditya.

Bukan hanya video pembelajaran dan try out daring, Cerebrum juga hadir dengan sejumlah konten, yaitu informasi cara masuk PTN serta tips dan triknya, video motivasi belajar, dan video review jurusan di PTN. Kedepannya, Cerebrum juga akan mengembangkan konten konsultasi yang dapat dimanfaatkan pelajar untuk konsoultasi mengenai soal ujian yang dihadapi.

Baca juga :   Smart Tambak, Inovasi Perikanan Dari Unpad Menang di Malaysia

Cerebrum pun telah mengantarkan Aditya menjadi Juara I Wirausaha Muda Mandiri Kategori Teknologi Digital (Mahasiswa) tahun 2018 yang digelar di Universiats Brawijaya, Malang, 15 September lalu.

Selain Aditya, sejumlah alumni Unpad pun menorehkan prestasi di ajang tersebut, yaitu Juwita (alumni Fakultas Pertanian) sebagai Juara I Kategori Industri Perdagangan Jasa melalui produk “Waidafarm” dan Bintang Priyambodo (alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis) sebagai Juara II Kategori Boga melalui produk “Papa Bunncit”.

FAHRUL ANWAR