Majukan Industri Kosmetik Lokal, Produsen Kosmetik Ini Kembangkan dan Gunakan Teknologi Terbaru

kosmetik

Majukan Industri Kosmetik Lokal, Produsen Kosmetik Ini Kembangkan dan Gunakan Teknologi Terbaru (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM mencatat, dalam lima tahun ke belakang ada 412.250 produk yang terdaftar pada kategori kosmetika di Indonesia. Ini menunjukkan adanya peningkatan minat pasar akan produk kecantikan dan pertumbuhan jumlah produk kecantikan lokaldi Indonesia.

Sebagai langkah turut memajukan industri kosmetika di Indonesia ke ranah global, Cosmax Indonesia mengembangkan dan menggunakan beberapa teknologi di dalam produk kosmetik lokal.

Beberapa produk di pasar Indonesia telah mengimplementasi teknologi dari Cosmax, seperti baby lotion menggunakan cera presso, face base (cushion dan foundation) dengan teknologi x- fine, serta cleanser dengan teknologi Jelly-O’ Milk dan lainnya.

Penggunaan teknologi tersebut menjadi salah satu contoh bahwa konsumen Indonesia memperhatikan efektifitas dari sebuah produk kosmetik dengan bahan baku inovatif. Ini dikarenakan teknologi dan formulasi tidak dapat dipisahkan dalam mencapai produk yang memiliki efektifitas yang nyata.

Untuk itu, Cosmax Indonesia melakukan berbagai kerjasama dengan universitas untuk terus mengembangkan teknologi pada kosmetik. Misalnya, kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan rangkaian penelitian, dalam pengembangan bahan baku kosmetik menggunakan nano teknologi.

“Kami berkomitmen untuk memajukan bidang farmasi melalui inovasi, pendidikan, dan kolaborasi. Kerjasama antara Cosmax dengan Universitas Gadjah Mada menjadi sebuah kesempatan yang baik. Hal tersebut, bentuk langkah signifikan kami untuk bertukar pengetahuan, ide, dan sumber daya dalam mengembangkan inovasi produk kosmetik yang bermanfaat untuk komunitas di Indonesia,” ujar Prof. Dr.apt. Satibi, M.Si, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, dikutip Sabtu (3/6/2023).

Cosmax Indonesia meyakini pandemi telah mengubah pemahaman konsumen Indonesia terkait efektifitas sebuah produk kosmetik serta penggunaan teknologi dalam suatu produk kosmetik. Diharapkan penggunaan teknologi pada suatu produk dapat semakin mendukung kosmetik lokal menyediakan produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

 

HENNI S.

Exit mobile version