youngster.id - Strategi yang berorientasi pada pelanggan dan solusi-solusi inovatif menjadi kunci Matahari dalam mencapai pertumbuhan yang positif. Hal ini tercermin dari kinerja perusahaan selama paruh pertama 2023.
Pada 1H23, penjualan kotor Matahari mencapai Rp7,4 triliun, dengan pertumbuhan sebesar 3,2%. Namun margin kotor mengalami sedikit penurunan, yakni 35,3%, dibandingkan pada 1H22 yang tercatat sebesar 36,0%.
Terry O’Connor, CEO Matahari menyebutkan beberapa rencana dan inisiatif dilakukan untuk menjaga pertumbuhan ke depan.
“Strategi rebranding, transformasi gerai, ekspansi strategis gerai dan pembaharuan produk akan mendorong terciptanya pengalaman berbelanja yang khas Matahari. Tidak hanya itu, upaya digitalisasi kami akan menawarkan pengalaman belanja yang seamless di semua touch points, baik gerai fisik maupun platform online,” kata Terry, Jum’at (28/7/2023).
Menurut Terry, merek-merek eksklusif Matahari sedang dalam peninjauan untuk dikembangkan lebih lanjut dalam hal jumlah produk, penguatan branding, serta perluasan cakupan produk yang mencerminkan gaya hidup modern. Merek SUKO yang baru saja diluncurkan di 20 gerai telah menunjukkan performa awal yang kuat, sehingga manajemen memutuskan untuk membuka 12 gerai tambahan di tahun ini.
“Selain itu, peluncuran Anyday sebagai merek entry-level juga diharapkan dapat mengatasi tantangan inflasi dan meningkatkan daya beli pelanggan,” tambahnya.
Selain ekspansi produk, Matahari juga menggabungkan semua kemitraan lisensi di bawah “House of Characters,” menawarkan koleksi pakaian anak-anak dan dewasa muda yang memikat.
Matahari juga berencana untuk memperkuat konsep shop-in-shop di lebih banyak gerai dengan menggandakan konsep Denim Shop dan melihat adanya peluang besar untuk berekspansi di Kategori Kecantikan dan Kategori Pakaian Aktif melalui Nevada Sport dan Royal Sporting House, yang tengah diluncurkan ke seluruh Indonesia.
Matahari tetap berkomitmen untuk mengembangkan kanal penjualan dan menambah gerainya di seluruh Indonesia. Setidaknya minimal 12 gerai baru di lokasi-lokasi strategis telah ada dalam rencana dalam rangka melayani basis pelanggan yang lebih luas. Jumlah performa dari gerai-gerai yang baru dibuka telah melebihi target yang diharapkan.
Matahari juga berencana untuk mengembangkan gerai baru berkonsep multi-brand untuk segmen kelas menengah atas bernama MU&KU yang dijadwalkan akan diluncurkan pada awal 2024. Juga, aktif menjelajahi peluang di daerah-daerah tier-3 serta pasar yang sensitif terhadap harga, dengan tujuan untuk merambah segmen pasar yang menawarkan produk dengan harga lebih terjangkau kepada konsumen.
Semua inisiatif ini, dikombinasikan dengan upaya Perseroan menghadirkan pengalaman belanja yang lebih personal dan kemampuan operasional yang semakin ditingkatkan di berbagai kanal penjualan, menghasilkan respons yang positif dari pelanggan, yang tercermin dalam Nilai NPS sebesar 74 pada bulan Juni 2023. Saat ini, Matahari memiliki basis pelanggan mencapai 8,2 juta anggota aktif yang berkontribusi pada 78% dari total penjualan, melampaui tingkat pra-pandemi.
“Kami bertekad mengakselerasi implementasi langkah strategis untuk mendorong transformasi dan menjaga laju pertumbuhan,” tutup Terry.
HENNI S.
Discussion about this post