Mayoritas Konsumen Indonesia Gunakan THR Untuk Belanja di e-Commerce

Belanja online melalui aplikasi di ponsel. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Mayoritas konsumen di Indonesia kini menggunakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk berbelanja di e-commerce. Produk yang banyak dibeli adalah pakaian, personal care, produk digital, gawai, serta makanan dan minuman (groceries).

Demikiah hasil riset Snapcart terhadap 1.000 responden pada periode 16-23 April 2019. Berdasarkan survei tersebut, 60% responden berencana menggunakan uang THR untuk berbelanja. Sebanyak 91% di antaranya akan berbelanja melalui e-commerce. Meski begitu, 56% responden berencana berbelanja di mal, pasar, toko atau minimarket dan warung.

“Tren ini merata, baik para responden yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) maupun di luar itu,” kata Eko Wicaksono Country Sales and Operation Snapcart Indonesia dalam siaran pers, Senin (13/5/2019) di Jakarta.

Berdasarkan riset tersebut, Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak merupakan e-commerce yang banyak dipilih konsumen untuk membelanjakan uang THR. Sebanyak 57% responden memilih Shopee dan 19% lainnya bakal menggunakan uang THR untuk berbelanja di Tokopedia. Lalu, sembilan persen akan berbelanja di Lazada dan Bukalapak.

Baca juga :   Teras Indonesia, Pameran UKM di IKEA

Eko mengungkapkan, kecenderungan menggunakan uang THR untuk berbelanja lebih tinggi di kalangan perempuan yaitu 64%. Hanya 54% dari responden laki-laki yang ingin membelanjakan uang tersebut. Perempuan mengunakan uang THR untuk membeli pakaian, tas, sepatu dan aksesoris. Sedangkan laki-laki lebih berminat membeli produk digital, gawai, peralatan olahraga dan untuk keperluan hobi.

Selain keempat e-commerce tersebut, responden juga berminat berbelanja di JD.id, Blibli, Zalora, Elevenia, Zilingo, Berrybenka, Qoo10 dan Sorabel. Namun, sekitar 70% responden perempuan berusia di bawah 25 tahun memilih Shopee sebagai e-commerce favorit.

STEVY WIDIA