Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Mayoritas Masyarakat Indonesia Utamakan Keluarga

28 Oktober 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
tips kelola keuangan

Yuks Simak Tips Cermat dan Hemat Kelola Keuangan (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Mayoritas masyarakat Indonesia memilih mengutamakan kebutuhan keluarga di atas kebutuhan dan ambisi pribadi. Demikian kesimpulan yang mengemuka dari fakta-fakta yang tersampaikan melalui studi terbaru HSBC bertajuk The Power of Protection, Facing the Future.

Sebanyak 94% masyarakat Indonesia mengaku memberikan dukungan finansial secara regular kepada lingkungan keluarganya – 89% untuk anaknya yang berusia di bawah 18 tahun, 87% untuk anaknya yang berusia 18 tahun ke atas, 74% untuk pasangan, dan 64% untuk orang tua.

“Masyarakat Indonesia menjadikan keluarga sebagai sumber kebahagiaan dalam kehidupan mereka. Memberikan dukungan finansial kepada orang tua, anak, serta saudara telah menjadi komitmen yang membudaya. Sebanyak 58% masyarakat Indonesia mengaku merasa bersalah jika pengeluaran untuk dirinya melebihi pengeluaran yang ditujukan untuk membantu keluarga yang membutuhkan. Bahkan, 48% masyarakat Indonesia menyatakan rela mengorbankan aspirasinya demi mendukung kebutuhan finansial anggota keluarga lainnya,” ungkap Steven Suryana, Head of Wealth Management, PT Bank HSBC Indonesia belum lama ini.

Baca juga :   National Innovation Challenge 2021: Jaring Solusi Inovatif Kemapanan Finansial Generasi Muda

Menurut dia, masih rendahnya jumlah masyarakat Indonesia yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik (35%) menjadi tantangan yang harus dihadapi saat ini. Pasalnya, di kalangan orang tua, kebutuhan pendidikan untuk anak menjadi prioritas utama. Dari 77% orang tua yang memiliki anak berusia 18 tahun ke atas, 67% mengatakan akan mengutamakan kebutuhan pendidikan untuk anak. Selanjutnya, sejumlah orang tua juga mengaku menyisihkan pendapatan atau tabungannya untuk keperluan pernikahan anak (38%), biaya hidup sehari-hari anak (28%), tabungan dan investasi anak (27%), serta membantu anak dalam pembelian rumah (26%).

“Padahal, pengelolaan keuangan berperan penting dalam menentukan keberlangsungan dukungan finansial mereka kepada anggota keluarga lainnya. Sejumlah masyarakat mengaku kestabilan keuangan mereka akan terganggu dan tidak akan bisa memberikan dukungan finansial kepada keluarga jika terjadi peningkatan biaya hidup secara drastis (43%), atau jika mereka tiba-tiba mengalami PHK (42%), pendapatannya berkurang (33%), terjadi krisis ekonomi (26%), serta apabila keuangan mereka tersedot secara signifikan akibat penyakit kritis ataupun kecelakaan yang tak diduga yang kesemuanya membutuhkan biaya besar,” papar Steven.

Baca juga :   HSBC dan PJI Hadirkan Edutech Literasi Keuangan Bagi Anak

Terhadap kejadian tak terduga yang bisa berdampak signifikan pada stabilitas keuangan jangka panjang, sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata belum memiliki antisipasi yang memadai. Sebanyak 73% tidak memiliki kesiapan jika mereka tiba-tiba didiagnosa terkena penyakit serius seperti kanker. Sebanyak 71% juga mengaku tidak memiliki kesiapan finansial yang mencukupi jika secara tak diduga mereka terkena musibah kecelakaan yang menyebabkan cacat permanen dan tidak bisa bekerja kembali.

Ketidaksiapan dalam perencanaan keuangan jangka panjang di kalangan mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan mereka harus menghadapi pilihan atas kebutuhan-kebutuhan yang memiliki kepentingan setara. Jika dihadapkan pada kebutuhan pendidikan anak, 78% orang tua rela mengorbankan kesiapan dana pensiun mereka. Mengorbankan dana pensiun juga dipilih oleh 70% masyarakat Indonesia ketika orang tua mereka harus mendapatkan perawatan kesehatan berbiaya besar.

Baca juga :   Bisnis Digital Telkomsel Tumbuh 46,7%

“HSBC senantiasa mendorong setiap individu untuk memiliki perencanaan keuangan yang strategis yang berorientasi pada kebutuhan jangka panjang. Layanan kami di bidang Retail Banking dan Wealth Management mampu membantu setiap individu untuk mengelola dengan cerdas keuangannya agar dapat mewujudkan aspirasinya yang beragam tanpa harus mengorbankan kebutuhan-kebutuhan penting lainnya. Kedisipilinan, perencanaan yang matang berlandaskan pertimbangan yang komprehensif, menjadi nilai-nilai yang kami tawarkan sebagai budaya baru membangun kesejahteraan bagi setiap individu di mana pun,” pungkas Steven.



STEVY WIDIA

Tags: Bank HSBC IndonesiaFacing the Futureperencanaan keuangan jangka panjangThe Power of Protection
Previous Post

Pinjaman Cicilan, Produk Populer UangTeman

Next Post

Peringati Hari Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di 28 Kampus di Indonesia

Related Posts

HSBC Premier Next Gen: Dukung Mereka Yang Bersekolah di Luar Negeri
Headline

National Innovation Challenge 2021: Jaring Solusi Inovatif Kemapanan Finansial Generasi Muda

9 Mei 2021
0
HSBC dan PJI Hadirkan Edutech Literasi Keuangan Bagi Anak
Headline

HSBC dan PJI Hadirkan Edutech Literasi Keuangan Bagi Anak

6 November 2018
0
Sampoerna University
News

HSBC dan Sampoerna University Gelar Pelatihan Keuangan Bagi Dosen

6 Agustus 2018
0
Load More
Next Post
Peringati Hari Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di 28 Kampus di Indonesia

Peringati Hari Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di 28 Kampus di Indonesia

Wahana The Hunger Games Dibuka di Dubai

Wahana The Hunger Games Dibuka di Dubai

100 Anggota Komunitas Bukalapak Hadir ETC Market 2017

AI Buat Produktivitas Bukalapak Meningkat 5 Kali Lipat

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version