youngster.id - Melon Box, sebuah inovasi layanan musik streaming digital yang khusus menyasar segmen bisnis enterprise dan UKM.
Layanan ini adalah hasil kerjasama PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama dengan “C Generation Indonesia”.
“Melon Box merupakan layanan streaming Musik Digital yang menyasar ke segmen bisnis enterprise dan UKM yang dapat menyajikan lagu-lagu kompilasi pilihan yang dapat diputar kapan saja, di mana saja sesuai dengan genre dan jenis lagu yang disesuaikan dengan suasana lokasinya,” kata Indra Utoyo Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom dalam siaran pers baru-baru ini.
Indra menjelaskan, dengan Melon box playlist banyak musik pilihan dapat juga disimpan secara offline dalam sebuah tablet dan dapat diputar di taman, restoran, mal ataupun tempat umum lainnya. Dia mengharapkan agar berbagai inovasi Telkom di bidang digital musik ini akan mampu memberikan experience baru dalam menikmati music dan berinteraksi di kalangan generasi muda. Serta mampu mendorong generasi muda untuk dapat berkreasi dan menyalurkan aspirasi musiknya secara digital melalui Telkom. Melon Box juga diharapkan dapat mendorong kebangkitan industri musik Tanah Air.
Di sisi lain, “C Generation Indonesia” melalui kegiatan Super You, telah menjaring 15 anak muda berbakat usia 12-22 melalui audisi di Bandung sebagai pilot project. Ke 15 anak muda tersebut dilatih dan dibina dan kini telah menghasilkan sebuah album musik yang mereka namakan “Yuk, Ah Bandung”. Album yang berisi 9 lagu tersebut memiliki semangat kekinian dengan pesan nyata untuk menjadi insan yang bermanfaat bagi dirinya, kotanya dan bangsanya.
C Generation merupakan sebuah inovasi sosial dari Gerakan Pemuda Berkarya yang digagas sejak 28 Oktober 2013. Inovasi ini lahir dari sebuah gagasan untuk meningkatkan kualitas anak muda, perubahan karakter melalui cara-cara yang kreatif dan inovatif.
“Kolaborasi Telkom dengan C Generation Indonesia merupakan langkah awal bagi kebangkitan industri musik Indonesia dan Telkom berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk media yang peduli akan musik Tanah Air. Jayalah Indonesia, Jayalah Musik Digital Indonesia,” ujar Indra.
Melon Box dan berbagai inovasi lain sedang digodok Telkom dengan melibatkan berbagai pelaku industri musik, seperti pemerintah melalui BEKRAF, musisi, label, media dan juga penikmat musik sehingga diharapkan dapat tercipta ekonomi kreatif yang berkelanjutan dari industri konten musik digital.
STEVY WIDIA
Discussion about this post