Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Memahami Tren Belanja 74 Juta Gen Z di Indonesia

7 Desember 2023
in News
Reading Time: 3 mins read
SIRCLO Group

Sinergi Pelaku E-Commerce Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital (Foto: dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Gen Z adalah generasi dengan populasi terbesar di Indonesia, yakni sebanyak 74,93 juta atau 27,94% dari total penduduk. Generasi kelahiran 1996-2012 ini telah memasuki usia pekerja produktif dengan proyeksi pendapatan yang terus meningkat, maka memiliki potensi daya beli yang tinggi yang dapat mempengaruhi tren belanja dalam beberapa tahun mendatang. Dengan karakteristik melek teknologi atau tech savvy, Gen Z memiliki ekspektasi dapat berbelanja kapanpun dan di manapun.

Untuk itu, pemilik bisnis harus beradaptasi untuk menerapkan strategi omnichannel untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang terbaik dan seamless bagi mereka.

Chief Operating Officer SIRCLO Danang Cahyono. menjelaskan, sebagai penyedia omnichannel enabler di Indonesia selama 10 tahun terakhir, SIRCLO menemukan beberapa titik kesulitan yang dihadapi brands saat mengadopsi strategi omnichannel. Yakni dibutuhkan kapasitas inventory yang besar saat menampung berbagai jenis produk di seluruh platform penjualan, kendala logistik, serta minimnya kemahiran teknologi untuk mengeksekusi strategi ini.

“Oleh karena itu, kerja sama antara para ahli dan brands guna menghadirkan seamless shopping experience menjadi penting agar seluruh proses dapat berjalan dengan lancar dari hulu ke hilir,” kata Danang, Kamis (7/12/2023).

Baca juga :   Blanja Jadi Marketplace Produk UKM Binaan BUMN

Menurut dia, kehadiran strategi omnichannel menjadi penting bagi brands untuk memastikan pelayanan yang menyenangkan pada setiap interaksi antara penjual dan konsumen. “Dengan misi memaksimalkan potensi pelaku bisnis, SIRCLO menghadirkan berbagai solusi teknologi ahli yang memungkinkan brands berskala besar atau enterprise untuk berjualan di berbagai kanal secara terintegrasi, seperti marketplace, website, maupun sinkronisasi stok produk pada toko fisik, ” terang Danang.

Yongky Susilo, Board Expert, Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), memaparkan konsep seamless shopping experience pada acara E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO, pameran e-commerce pertama dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan pada 25-26 Agustus lalu.

“Kini konsumen membutuhkan seamless shopping experience, mulai dari survei produk melalui ponsel serta konten yang interaktif dan real-time seperti live streaming; saat mengunjungi toko offline untuk melihat langsung dan konsultasi produk; pembayaran hingga sampai diterima konsumen. Segala proses pembelian ini secara otomatis diperbarui dalam aplikasi, terintegrasi tanpa hambatan dan kerumitan dari sisi konsumen. Brand leverage yang terdiri dari awareness, trial sampai pada kepuasan saja tidak cukup, karena masih dibutuhkan berbagai disrupsi teknologi dan layanan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja yang maksimal, lancar, dan efisien,” katanya.

Selain itu, melalui tren pemasaran dan dengan pola belanja yang semakin berkembang, SIRCLO merambah pada strategi live streaming atau pemasaran produk secara daring melalui penyiaran langsung, di mana pembeli dapat berinteraksi dengan penjual secara real-time.

Baca juga :   Dongkrak Kekuatan E-Commerce, SIRCLO Jalin Kemitraan dengan Shopify

“Ini selaras dengan data Jakpat, metode berjualan secara live streaming ini didominasi oleh 87% audiens dari Gen Z,” ujarnya.

Salah satu perusahaan multinasional yang menjadi mitra strategis SIRCLO untuk mengelola berbagai kanal penjualan secara daring adalah Thermos. Produsen produk wadah insulasi vakum ini menggunakan ragam layanan SIRCLO, meliputi SIRCLO Commerce, solusi memperluas pasarnya melalui berbagai kanal penjualan online, SIRCLO Swift, penyedia teknologi omnichannel terintegrasi, SIRCLO StreamLab, solusi live streaming di berbagai kanal e-commerce, serta penyediaan strategi marketing yang komprehensif.

Melalui SIRCLO Commerce, Thermos secara bertahap merambah berbagai kanal e-commerce di Indonesia guna memudahkan konsumen menjangkau produknya. Menurut data internal Thermos, pertumbuhan kesuksesan penjualan terus meningkat hingga 2x dari sebelumnya sejak dikelola oleh SIRCLO Commerce. SIRCLO juga mencatatkan peningkatkan jumlah traffic ke toko daring hingga 50% saat periode kampanye payday dan festival double date melalui layanan SIRCLO StreamLab, dengan strategi promosi terbatas bagi produk andalannya.

Baca juga :   Konsumsi Busana, Termasuk Fesyen Muslim Melonjak Pada Masa Ramadan

“Sejak awal, kami melihat potensi besar di kanal penjualan online Indonesia. Maka dibutuhkan strategi yang komprehensif untuk hadir di seluruh kanal penjualan online, sehingga kapanpun konsumen ingin berbelanja, produk kami sudah tersedia di berbagai e-commerce yang mereka sukai. Thermos Indonesia mempercayakan SIRCLO untuk mengelola seluruh kanal penjualan online, karena pengalaman dan keahliannya menjadi omnichannel commerce enabler selama 10 tahun di Indonesia, ” kata Kenichi Nishijima, Director Thermos Indonesia.

 

STEVY WIDIA

 

Tags: Gen Zomnichannel commerceSIRCLOtren belanja
Previous Post

IDCamp Beri Pelatihan Keamanan Siber Bagi Talenta Digital di Indonesia

Next Post

Gebrak Pasar Milenial, Sepatu Keselamatan Ini Jadi Lebih Gaya

Related Posts

Perkuat Layanan Omnichannel Commerce Mekari Akuisisi Desty
Headline

Perkuat Layanan Omnichannel Commerce Mekari Akuisisi Desty

28 Agustus 2025
0
UMKM Kuliner
Analyze

Populix: Laki-Laki & Milenial Cenderung Lebih Gercep Perihal Kuliner Kekinian

14 Agustus 2025
0
Generasi Z
News

Tips Bagi Gen Z Jadi Game Changer di Dunia Kerja yang Kompetitif

6 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Gebrak Pasar Milenial, Sepatu Keselamatan Ini Jadi Lebih Gaya

Gebrak Pasar Milenial, Sepatu Keselamatan Ini Jadi Lebih Gaya

Wonderful Indonesia Co-Branding Award

Kemenparekraf Umumkan Pemenang Wonderful Indonesia Co-Branding Award

Program DCE Telkomsel

Telkomsel Gelar DCE Sebagai Impact Accelerator Tingkatkan Daya Saing UKM

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version