youngster.id - Gen Z adalah generasi dengan populasi terbesar di Indonesia, yakni sebanyak 74,93 juta atau 27,94% dari total penduduk. Generasi kelahiran 1996-2012 ini telah memasuki usia pekerja produktif dengan proyeksi pendapatan yang terus meningkat, maka memiliki potensi daya beli yang tinggi yang dapat mempengaruhi tren belanja dalam beberapa tahun mendatang. Dengan karakteristik melek teknologi atau tech savvy, Gen Z memiliki ekspektasi dapat berbelanja kapanpun dan di manapun.
Untuk itu, pemilik bisnis harus beradaptasi untuk menerapkan strategi omnichannel untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang terbaik dan seamless bagi mereka.
Chief Operating Officer SIRCLO Danang Cahyono. menjelaskan, sebagai penyedia omnichannel enabler di Indonesia selama 10 tahun terakhir, SIRCLO menemukan beberapa titik kesulitan yang dihadapi brands saat mengadopsi strategi omnichannel. Yakni dibutuhkan kapasitas inventory yang besar saat menampung berbagai jenis produk di seluruh platform penjualan, kendala logistik, serta minimnya kemahiran teknologi untuk mengeksekusi strategi ini.
“Oleh karena itu, kerja sama antara para ahli dan brands guna menghadirkan seamless shopping experience menjadi penting agar seluruh proses dapat berjalan dengan lancar dari hulu ke hilir,” kata Danang, Kamis (7/12/2023).
Menurut dia, kehadiran strategi omnichannel menjadi penting bagi brands untuk memastikan pelayanan yang menyenangkan pada setiap interaksi antara penjual dan konsumen. “Dengan misi memaksimalkan potensi pelaku bisnis, SIRCLO menghadirkan berbagai solusi teknologi ahli yang memungkinkan brands berskala besar atau enterprise untuk berjualan di berbagai kanal secara terintegrasi, seperti marketplace, website, maupun sinkronisasi stok produk pada toko fisik, ” terang Danang.
Yongky Susilo, Board Expert, Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), memaparkan konsep seamless shopping experience pada acara E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO, pameran e-commerce pertama dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan pada 25-26 Agustus lalu.
“Kini konsumen membutuhkan seamless shopping experience, mulai dari survei produk melalui ponsel serta konten yang interaktif dan real-time seperti live streaming; saat mengunjungi toko offline untuk melihat langsung dan konsultasi produk; pembayaran hingga sampai diterima konsumen. Segala proses pembelian ini secara otomatis diperbarui dalam aplikasi, terintegrasi tanpa hambatan dan kerumitan dari sisi konsumen. Brand leverage yang terdiri dari awareness, trial sampai pada kepuasan saja tidak cukup, karena masih dibutuhkan berbagai disrupsi teknologi dan layanan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja yang maksimal, lancar, dan efisien,” katanya.
Selain itu, melalui tren pemasaran dan dengan pola belanja yang semakin berkembang, SIRCLO merambah pada strategi live streaming atau pemasaran produk secara daring melalui penyiaran langsung, di mana pembeli dapat berinteraksi dengan penjual secara real-time.
“Ini selaras dengan data Jakpat, metode berjualan secara live streaming ini didominasi oleh 87% audiens dari Gen Z,” ujarnya.
Salah satu perusahaan multinasional yang menjadi mitra strategis SIRCLO untuk mengelola berbagai kanal penjualan secara daring adalah Thermos. Produsen produk wadah insulasi vakum ini menggunakan ragam layanan SIRCLO, meliputi SIRCLO Commerce, solusi memperluas pasarnya melalui berbagai kanal penjualan online, SIRCLO Swift, penyedia teknologi omnichannel terintegrasi, SIRCLO StreamLab, solusi live streaming di berbagai kanal e-commerce, serta penyediaan strategi marketing yang komprehensif.
Melalui SIRCLO Commerce, Thermos secara bertahap merambah berbagai kanal e-commerce di Indonesia guna memudahkan konsumen menjangkau produknya. Menurut data internal Thermos, pertumbuhan kesuksesan penjualan terus meningkat hingga 2x dari sebelumnya sejak dikelola oleh SIRCLO Commerce. SIRCLO juga mencatatkan peningkatkan jumlah traffic ke toko daring hingga 50% saat periode kampanye payday dan festival double date melalui layanan SIRCLO StreamLab, dengan strategi promosi terbatas bagi produk andalannya.
“Sejak awal, kami melihat potensi besar di kanal penjualan online Indonesia. Maka dibutuhkan strategi yang komprehensif untuk hadir di seluruh kanal penjualan online, sehingga kapanpun konsumen ingin berbelanja, produk kami sudah tersedia di berbagai e-commerce yang mereka sukai. Thermos Indonesia mempercayakan SIRCLO untuk mengelola seluruh kanal penjualan online, karena pengalaman dan keahliannya menjadi omnichannel commerce enabler selama 10 tahun di Indonesia, ” kata Kenichi Nishijima, Director Thermos Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post