Menang Startup Sprint 2015, Delihome Dikirim ke Silicon Valley

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Para pendiri aplikasi food delivery Delihome, yaitu Andree Wijaya, James Junianlie, dan Elisabeth Be, yang menjadi pemenang StartUp Sprint 2015 mendapat kesempatan mengunjungi dan menjelajahi kiblat startup dunia Silicon Valley. Tujuannya, untuk menambah wawasan tentang ekosistem startup global yang akan dibagikan pada anak muda penggiat start up Indonesia.

Selama 4 hari di sana, mereka akan berkunjung ke perusahaan dan inkubator level dunia seperti Google, Facebook, Code for America, WeWork Transbay, Start X, Startup Weekend, dan GSVLabs.

“Dari segi lokasi, Silicon Valley itu hanyalah sebuah tempat biasa, tapi tekad, kemauan, dan mindset penduduk sanalah yang mengubahnya menjadi surga startup dunia,” ujar Andree selaku CEO Delihome.

Delihome meyakini bahwa semua yang ada di Silicon Valley sudah ada di Surabaya, mulai dari co-working space, program inkubasi, mentor network, dan dukungan pemerintah.

“Jika mindset anak muda dibentuk untuk solving problems, kita bisa membuat startupyang menyelesaikan masalah dengan menggunakan teknologi untuk impact yang besar. Tak hanya untuk masyarakat Surabaya tetapi bagi seluruh Indonesia,” ujar Andree.

Di F50 (venture capital syndication platform) dan Startup Weekend (sebuah program 54 jam untuk membuat startup), Delihome belajar bahwa menemukan co-founder yang tepat lebih penting daripada ide startup itu sendiri. Alasannya sesederhana bahwa worldclass team bisa mewujudkan apapun yang ingin dicapai. Sebaliknya, jika ide startup luar biasa bagus, namun tim yang menjalankan buruk, maka mereka tidak akan kemana-mana.

“A team with B idea is better than B team with A idea. Itu nilai yang diimplementasikan dengan nyata disana, buktinya rata-rata tempat yang kita kunjungi berbentuk co-working space, karena melaui co-working space terbentuk komunitas founder untuk bisa saling menemukan dan berkolaborasi,” imbuh Lisa yang bertanggung jawab pada marketing dari Delihome.

Startup Sprint merupakan sebuah kompetisi untuk perusahaan rintisan berbasis teknologi yang menciptakan solusi bermanfaat untuk permasalahan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Start Surabaya dan PT Elang Mahkota Teknologi.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA