Mencetak Generasi Future Makers melalui Investasi

BNP Paribas AM

Upaya BNP Paribas AM mencetak Generasi Future Makers melalui Investasi (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Menyadari semakin pentingnya peranan investasi terhadap masa depan dan juga terhadap perekonomian bangsa, PT BNP Paribas Asset Management meluncurkan gerakan We Are The Future Makers. 

Lewat gerakan ini, perusahaan mengajak masyarakat untuk bersama-sama berupaya untuk memberikan dampak positif terhadap dunia sekitar dan generasi penerus kita dengan berinvestasi.

Direktur PT BNP Paribas AM, Maya Kamdani menjelaskan, perusahaan berfokus untuk mempromosikan investasi berkelanjutan kepada investor, dengan harapan, mereka juga ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memberikan dampak positif jangka panjang kepada masyarakat dan lingkungan.

“Semangat yang dibawa dalam gerakan ‘We Are The Future Makers’ adalah bahwa setiap individu memiliki peran untuk menentukan masa depan yang berdampak dalam setiap keputusan yang diambilnya. Contohnya dalam pengambilan keputusan investasi. Sekarang kita bisa memilih untuk berinvestasi pada instrumen-instrumen yang bisa memberikan manfaat positif, tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk masyarakat,” ujar Maya, saat perayaan 30th Anniversary PT BNP Paribas AM di Jakarta, Selasa (28/6).

Investasi berkelanjutan sendiri sudah menjadi tren investasi di dunia. Hal ini terlihat dari data yang dilaporkan oleh Global Sustainable Investment Review dimana terdapat peningkatan total dana kelolaan investasi berkelanjutan yang naik sebesar 55% di periode 2016-2020 (menjadi sebesar US$35,3 triliun).

Survei yang dilakukan oleh BNP Paribas Asset Management Global & Greenwich Associates di bulan Juni 2020 menunjukkan bahwa 81% dari responden telah menerapkan investasi berbasis ESG dan 16% berencana untuk melakukan hal yang sama. 79% dari responden juga percaya bahwa pertimbangan sosial dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja investasi jangka panjang serta terhadap pengelolaan risiko.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini, yang menjadi fokus kami adalah untuk invest responsibly, bagaimana agar produk-produk yang kami tawarkan ke investor bisa bertanggung jawab secara jangka panjang. Misalnya lewat investasi ESG yang sudah kami terapkan di reksa dana kami sejak tahun 2016,” kata Presiden Direktur PT BNP Paribas AM, Priyo Santoso.

Perusahaan pengelolaan asset ini juga terus melanjutkan upayanya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, terutama untuk generasi muda yang kelak menjadi The Future Makers. Antara lain melakukan kegiatan yang inklusif dan mendukung kesetaraan lewat edukasi finansial kepada beragam komunitas dari beragam latar belakang, termasuk komunitas pemberdayaan perempuan melalui program edukasi tahunan dan edukasi regular lewat sosial media. Salah satu programnya adalah BNP Paribas Investment Academy, sebuah kelas edukasi investasi secara daring yang diikuti oleh generasi muda mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Selain melalui program edukasi, perusahaan juga memiliki semangat untuk mendorong keberagaman. Salah satu bentuk dukungan inklusif yang diterapkan adalah dengan membuka kesempatan bekerja bagi penyandang disabilitas melalui program magang yang ditempatkan di berbagai departemen di perusahaan.

“Tidak hanya itu, di dalam perusahaan, kami juga memastikan proporsi gender yang setara antara wanita dan pria yang memegang peranan strategis dalam operasional perusahaan. Saat ini, terdapat 45% perempuan yang memegang peran strategis di berbagai Divisi. Kami percaya keberagaman merupakan kunci untuk mendorong kreativitas, inovasi, dan pengambilan keputusan yang lebih baik,” tutup Maya.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version