Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Mengasah Programmer Muda Melalui Kompetisi Pembuatan Aplikasi Tingkat Nasional

24 Februari 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Mengasah Programmer Muda Melalui Kompetisi Pembuatan Aplikasi Tingkat Nasional
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - PT Multipolar Technology Tbk (MLPT), bekerjasama dengan Telkom University Bandung, sukses menggelar kompetisi “Remaja Berkarya“ yaitu kompetisi pembuatan aplikasi skala nasional setingkat SMA/SMK bertema “Membangun Indonesia Bersama Multipolar Technology dan Telkom University” pada 21/2 lalu.

Kompetisi ini merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) MLPT, sebagai wujud perhatian MLPT terhadap dunia pendidikan, khususnya di bidang pengembangan TI, dan sekaligus untuk mendukung pengembangan bakat dan minat generasi muda Indonesia di bidang teknologi/pengembangan aplikasi.

“Kami bangga akan generasi muda Indonesia, dimana melalui kegiatan CSR Remaja Berkarya ini bisa semakin mengasah minat dan bakat mereka khususnya di bidang teknologi. Kami berharap, bahwa teknologi juga dapat menjadi sarana untuk mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang bermanfaat, yang bakal menumbuhkan inovasi-inovasi yang kelak dapat go international,” ujar Jip Ivan, Direksi MLPT.

Adapun kriteria aplikasi yang dikompetisikan harus mencerminkan tentang budaya, ekonomi dan sosial Indonesia. Dengan publikasi kompetisi yang kurang dari 3 minggu sejak dibukanya pendaftaran pada awal Desember 2015, panitia telah menerima lebih dari 80 proposal dari berbagai SMA/SMK di seluruh Indonesia.

Baca juga :   Upaya Titipku Tetap Bertahan di Bisnis E-Grocery

Melalui beberapa tahap penjurian, terpilih 20 semi finalis yang diberikan waktu 1 bulan untuk mengumpulkan aplikasinya, dan dalam seleksi terakhir terpilih 6 tim grand finalis dengan aplikasi terbaiknya, dan diundang ke kampus FIT Telkom University untuk mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri yang terdiri dari tim MLPT dan tim dosen FIT Telkom University.

“Telkom University sangat gembira melihat antusiasme siswa-siswi SMA/SMK di seluruh Indonesia terhadap perkembangan Teknologi Informasi (TI). TI adalah salah satu pilar daya saing suatu bangsa, dan sangat mungkin anak-anak bangsa kita mampu menguasai TI ini. Kami berharap agar kerja sama antara Telkom University dan Multipolar Technology ini dapat memacu minat generasi muda Indonesia untuk menguasai TI, antara lain melalui pembuatan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Teguh Widodo, Dekan Fakultas Ilmu Terapan Telkom University.

Baca juga :   Gelora, Gelang Pendeteksi Dini Tsunami Berteknologi Long Range

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, berikut ini adalah ketiga pemenang yang berhasil mendapatkan piala, sertifikat, serta hadiah uang tunai dari MLPT:

  • Juara 1 dengan hadiah sebesar Rp 15juta, adalah aplikasi berjudul Jampi Pandu buatan 2 siswa siswi dari SMA Santa Maria Surabaya. Aplikasi ini bertujuan untuk memperkenalkan ragam jamu-jamuan tradisional kepada generasi muda Indonesia. Aplikasi ini selain berisi informasi tentang berbagai komposisi ramuan jamu untuk berbagai penyakit, juga dilengkapi dengan game seputar bentuk-bentuk komponen ramuan herbal seperti kunyit, kencur, jahe, kapulaga dan sebagainya.
  • Juara 2 dengan hadiah sebesar Rp 10juta, adalah aplikasi berjudul I Am Aps (Indonesia Amazing Application) buatan 3 siswi SMK Negeri 1 Cimahi. Aplikasi ini mengambil tema budaya dari 34 propinsi di Indonesia, mulai dari rumah adat, alat musik tradisional, makanan khas, lagu tradisional sampai tokoh pahlawan nasional dari daerah tersebut. Ketiga siswi yang menggagas aplikasi ini berharap, agar setiap orang yang membuka aplikasi ini serta memainkan gamenya, khususnya generasi muda, dapat semakin mengenal dan mencintai budaya nasional Indonesia.
  • Juara 3 dengan hadiah sebesar Rp 5juta, diraih aplikasi Jejak Si Joki, karya 3 siswa-siswi SMK Telkom Sandy Putra Malang. Games berbasis android yang rencananya akan segera dikembangkan ke sistim operasi iOS dan BlackBerry ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai budaya di Indonesia dengan cara yang fun. Daerah yang dipilih untuk permainan ini adalah Papua, Bali dan Ponorogo. Untuk dapat memainkannya, pengguna diwajibkan mengumpulkan koin dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar budaya dari masing-masing daerah tersebut.
Baca juga :   SIHEDAF: Alat Pendeteksi Stroke Karya Telkom University

Tiga grand finalis lainnya yaitu dari SMAN 2 Lumajang, SMK TI Madinatur Qur’an Jonggol, dan SMKN 1 Cimahi mendapatkan hadiah hiburan.

Menurut Ivan, kedepannya MLPT akan terus konsisten mendukung dunia pendidikan khususnya yang terkait bidang teknologi, dalam upayanya mendukung perkembangan teknologi di Indonesia.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

Tags: kompetisi pembuatan aplikasiprogrammer mudaPT Multipolar Technology Tbk (MLPT)Telkom University
Previous Post

Technopreneur Pulang Kampung

Next Post

Bebas Pajak Untuk Koperasi dan UKM

Related Posts

Alibaba Cloud x Telkom University
News

Perkuat Pengembangan Talenta AI di Indonesia, Alibaba Cloud Gandeng Telkom University

14 Agustus 2025
0
Feedloop - Telkom University
News

Dorong Kemajuan Pendidikan dan AI, Feedloop AI dan Telkom University Berkolaborasi

27 Maret 2024
0
EDOTCO x Tel-U
News

Kolaborasi Tel-U, EDOTCO, dan TIP untuk Merevolusi Lanskap Telekomunikasi di Asia Tenggara

28 Februari 2024
0
Load More
Next Post
Scale–Up Indonesia Siap Digelar

Bebas Pajak Untuk Koperasi dan UKM

Smartfren Pacu Kreativitas Anak Muda Melalui Kampanye #Generasi4G

Smartfren Pacu Kreativitas Anak Muda Melalui Kampanye #Generasi4G

ITechnoCup 2016 : Pelajar dan Mahasiswa Harus Melek Technopreneur

ITechnoCup 2016 : Pelajar dan Mahasiswa Harus Melek Technopreneur

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version