Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Menkominfo Luncurkan Layanan Satu Pintu Berbasis Daring

25 Juni 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Aplikasi Anti Korupsi Program Edukasi dari Kominfo dan KPK

Menteri Kominfo Rudiantara. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meresmikan Pelayanan Prima. Ini adalah layanan terpadu satu pintu berbasis dalam jaringan (daring) internet untuk mempermudah publik mengakses layanan yang disediakan Kemenkominfo.

“Kominfo itu harus menjadi kementerian terdepan yang menggunakan sistem digital dalam pelayanannya, sehingga pemakaian teknologi lebih diarahkan saat ini,” ujar Rudiantara di Kantor Kemenkominfo, Jakarta belum lama ini.

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa Chief RA menjelaskan dalam upaya mendapatkan kecepatan akan teknologi informasi merupakan suatu hal yang sangat penting, sehingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menekankan para aparat sipil negara (ASN) menerapkan pemerintahan berbasis elektronik (electronic government/e-gov).

Bahkan sejak 2015 lalu, Kemenkominfo telah memangkas waktu pelayanan manual dalam memberikan jasanya kepada publik dengan mengeluarkan peraturan tentang pengurangan jumlah hari dalam memberikan perizinan, yakni dari 50 hari menjadi 20 hari.

Baca juga :   April 2016, Kunjungan Wisman Naik 12,37%

Dengan demikian, menurut Rudiantara hadirnya Pelayanan Prima membuat masyarakat kini akan lebih diuntungkan karena sudah sepenuhnya dapat mengakses jasa Kemenkominfo secara daring, dan tidak perlu lagi terbelit masalah birokrasi.

Perizinan

Sementara itu, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika di Kemenkominfo Ahmad Ramli menerangkan bahwa Pelayanan Prima memberikan manfaat bagi masyarakat untuk semua jenis informasi, pengajuan, perizinan di bidang pos, telekomunikasi, penyiaran, perizinan spektrum frekuensi radio, sertifikasi perangkat telekomunikasi, serta pendaftaran penyelenggara sistem elektronik.

“Kemudahan juga diberikan dengan adanya ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kementerian Kominfo dan call center 159, bagi pengguna jasa yang ingin berkonsultasi terkait layanan kami,” ujarnya.

Baca juga :   Google Indonesia Latih 1.200 Developer Lokal

Ramli juga mengatakan pemohon perizinan bidang pos, telekomunikasi, dan penyiaran, pada 2016 sudah dapat mengajukan perizinan baru dan perpanjangan izin melalui situs www.pelayananprimaditjenppi.go.id

Pengunjung situs yang menemui kesulitan dapat juga dipandu secara jarak jauh oleh operator melalui pusat panggilan (call center) 159, yang beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB setiap hari kerja.

Layanan pusat panggilan 159 itu juga menyalurkan bantuan pada pengajuan permohonan izin baru dan perpanjangan izin bidang pos, telekomunikasi, spektrum frekuensi & sertifikasi perangkat serta pendaftaran penyelenggara sistem elektronik, selain menerima aduan layanan telekomunikasi, ujar Ramli.

“Ke depannya diharapkan semua layanan ini akan meningkatkan kemampuan daya saing investasi dan kemudahan di dalam menciptakan peluang usaha atau investasi di dalam negeri. Walaupun kami menyadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus disempurnakan, salah satunya dengan melakukan integrasi data dengan berbagai instansi lainnya di luar Kominfo, “kata Ramli lagi.

Baca juga :   Samsung Ajak Inovator Muda Beradu Ide Solusi di Bidang AI

Peluncuran Pelayanan Prima Kementerian Kominfo ini juga dihadiri Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, serta perwakilan dari Kementerian PAN dan RB, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan beserta Badan Koordinasi Penanaman Modal.

FAHRUL ANWAR

Tags: Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo)Menkominfo RudiantaraPelayanan PrimaPelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
Previous Post

Line Kembangkan Aplikasi Sesuai Kebutuhan Lokal

Next Post

Gerai 7-Eleven di Indonesia Tutup

Related Posts

Indonesia Jadi Pasar ESport Terbesar di Asia Tenggara
Headline

Indonesia Jadi Pasar ESport Terbesar di Asia Tenggara

13 September 2019
0
IDBYTE 2019 Gelar Konferensi dan Kompetisi ESport
Headline

IDBYTE 2019 Gelar Konferensi dan Kompetisi ESport

28 Agustus 2019
0
Tiga Kementrian Godok Peraturan Menteri Pengendalian IMEI
Headline

Tiga Kementrian Godok Peraturan Menteri Pengendalian IMEI

5 Agustus 2019
0
Load More
Next Post
Gerai 7-Eleven di Indonesia Tutup

Gerai 7-Eleven di Indonesia Tutup

Pemenang ‘Road to Cardiff” 2017 Ke Final UEFA

Transaksi Nontunai Jauh Lebih Aman

FIFGroup Adakan Kompetisi Inovasi Untuk Mahasiswa

FIFGroup Adakan Kompetisi Inovasi Untuk Mahasiswa

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version