Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

metaNesia Jadi Ekosistem Metaverse Pertama di Indonesia

31 Oktober 2022
in News
Reading Time: 3 mins read
metaNesia x Infobrand

metaNesia Jadi Ekosistem Metaverse Pertama di Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dinilai inovatif dan karya yang diciptakannya berhasil meningkatkan daya jual produk atau jasa, metaNesia didapuk sebagai platform ekosistem metaverse pertama di Indonesia yang diberikan oleh INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam perhelatan Info Brand Awards, yang diselenggarakan di The Sultan Hotel Jakarta, Kamis (27/10) lalu.

Andrew Setiawan Tarigan, Senior Product Manager metaNesia mengucapkan terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan kepada metaNesia. Dia berharap penghargaan ini menjadi pemicu agar metaNesia terus mendapat kepercayaan dari konsumen terhadap platform metaverse yang dikembangkan.

“Harapannya penghargaan ‘PERTAMA DI INDONESIA’ ini dapat membuat metaNesia senantiasa terus berinovasi bagi perkembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia dan menjadi wadah kreativitas untuk publik, kreator, maupun brand,” ujar Andrew, dalam sambutannya.

Sementara itu, Susilowati CEO Media INFOBRAND Group menjelaskan, penghargaan “PERTAMA DI INDONESIA” merupakan apresiasi dan pengakuan yang diberikan kepada perusahaan atas prestasi, inovasi, dan karya yang berhasil diciptakan guna meningkatkan daya jual produk atau jasa. metaNesia mendapat penghargaan ini karena berhasil menjadi pionir di kategorinya sebagai ekosistem metaverse pertama di Indonesia.

“Penghargaan “PERTAMA DI INDONESIA” diberikan bagi perusahaan yang pertama meluncurkan inovasi dan yang pertama di Indonesia setelah dilakukan validasi serta pemeriksaan. Jadi kita melakukan proses riset terlebih dahulu terhadap penilaian yang pertama di Indonesia,” kata Susi, di lokasi acara.

Baca juga :   Instagram Bantu UMKM Hadapi Dampak Covid-19

Menurut Susi, penghargaan “PERTAMA DI INDONESIA” diberikan kepada perusahaan setelah memenuhi tiga kriteria penilaian. Pertama, The First Aspect, yaitu perusahaan yang meraih penghargaan ini telah memenuhi unsur sebagai yang pertama di Indonesia. Kriteria kedua adalah Evidence Aspect, yaitu nilai yang diukur berdasarkan alat bukti yang dimiliki perusahaan atau dapat divalidasi melalui pemberitaan di media sebagai yang pertama. Kriteria terakhir adalah Validation Aspect, yang menjelaskan bahwa perusahaan terkait wajib menandatangani surat Validation Data and Disclaimer sebagai yang pertama di Indonesia atau dibuktikan dengan Online Validation Riset melalui mesin pencari dan media sosial.

“Kita melakukan penilaian melalui tiga tahapan tersebut dan didukung oleh pemberitaan yang dilakukan oleh perusahaan atau brand di media sehingga kita sama-sama tahu dan terpublikasi,” jelas Susi.

Susi melihat ekosistem metaverse sangat baik dikembangkan dalam dunia pemasaran di era digital. Ia yakin saat ini banyak brand yang membutuhkan marketplace yang memanfaatkan metaverse seperti yang ditawarkan oleh metaNesia.

Baca juga :   WhatsApp Bantu Pedagang Pasar Go Digital dengan Pasar JuWAra

“metaNesia merupakan yang pertama di Indonesia yang menawarkan ekosistem metaverse sehingga bisa lebih dulu berlari meraih pasar yang lebih luas. Tantangannya bagi metaNesia adalah memperluas kolaborasi terhadap brand-brand yang memiliki potensi atau kepentingan untuk masuk ke dunia metaverse,” tandas Susi.

Sebagai peraih brand pertama di Indonesia dalam kategorinya, metaNesia merupakan platform metaverse di bawah naungan Leap-Telkom Digital dari Telkom Indonesia yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman baru dalam memperkenalkan produk ke dunia digital.

Salah satu yang ditawarkan oleh metaNesia adalah metaverse mall yang di dalamnya dapat melakukan jual-beli barang berupa NFT, dengan menerapkan prinsip Phygital (Physical & Digital) yang memudahkan pengguna karena dapat menggunakan fiat money (Rupiah).

Setelah resmi beroperasi sejak 31 Juli 2022, metaNesia sudah menjalin beberapa kerja sama dengan brand terkemuka, seperti Honda dan Fruit Tea yang diajak untuk merasakan pengalaman berbisnis baru di dalam metaverse metaNesia.

Kerja sama yang dilakukan bersama Honda adalah menciptakan virtual showroom yang interaktif di mana pengunjung dapat melihat berbagai produk Honda secara 360 derajat. Termasuk melihat bagian eksterior, interior, hingga mesin dan berbagai fitur.

Baca juga :   Incar 40 Juta Pengguna Baru Smartfren Gencar Luncurkan Paket Gokil Max

Bahkan, showroom Honda di metaNesia bisa menampilkan bagian-bagian detil seperti kolong mobil untuk melihat rangka yang tidak bisa dilakukan di showroom dunia nyata. Selain itu, di sini pengunjung juga dapat melakukan test-drive sebagai bentuk pemberian pengalaman yang maksimal bagi pengguna.

Sedangkan kolaborasi yang dilakukan metaNesia bersama Fruit Tea berupa “virtual world” di event Fruit Tea World Festival 2022. Dalam event ini, metaNesia dapat dimanfaatkan oleh peserta yang tidak dapat hadir langsung di lokasi dan memberikan pengalaman baru mengikuti event di dalam metaverse. Peserta dapat mengkreasikan avatar sesuai keinginannya dan disuguhkan beberapa aktivitas yang menarik, seperti treasure hunt, selfie bareng di metaverse, dan menonton konser Naura Ayu dan The Changcuters.

“Sebagai platform baru di Indonesia, metaverse dapat dilirik sebagai model bisnis baru yang progresif dan juga sarana menyalurkan ide kreatif sehingga dapat dimanfaatkan oleh brand maupun kreator sebagai cara baru untuk untuk meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan hasil yang diinginkan,” pungkas Andrew.

metaNesia merupakan bagian dari Leap-Telkom Digital sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom, yang hadir untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: InfobrandmetaNesiaMetaverse
Previous Post

Telkom University Dipercaya Menjadi Pusat Pengembangan Metaverse di Indonesia

Next Post

Menteri Parlemen dan Komunikasi Sosial Timor-Leste Lakukan Kunjungan Kehormatan dan Jajaki Peluang Kerja Sama dengan TelkomGroup

Related Posts

metaverse
News

Cara Baru Promosi Rokok: Lewat Metaverse, Advergames, dan NFT

27 November 2023
0
metaNesia - Honda Meta Race
News

Tantang Anak-Anak Muda Ikut Race, Honda Hadirkan Balapan Mobil Virtual di metaNesia

2 September 2023
0
Metaverse DBS BetterWorld
News

“DBS BetterWorld”, Petualangan Metaverse Menyoroti Tantangan Sampah Makanan Global

2 September 2023
0
Load More
Next Post
Telin x Timor-Leste

Menteri Parlemen dan Komunikasi Sosial Timor-Leste Lakukan Kunjungan Kehormatan dan Jajaki Peluang Kerja Sama dengan TelkomGroup

website

Ekonomi Digital Indonesia Diramalkan Jadi Terbesar Di Asia Tenggara

Creators Lab

Tokopedia Kerjasama Dengan Intel Tingkatkan Kinerja Platform Dan Lonjakan Konsumen

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version