Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Microsoft Perbarui Kemampuan Chatbot Sosialnya

18 September 2018
in News
Reading Time: 2 mins read
Rinna, Chatbot Sosial Dari Microsoft dan Line

Microsoft memperbarui chatbot sosialnya, yaitu XiaoIce dan Rinna. (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Merayakan ulang tahunnya yang pertama, Microsoft melakukan pembaruan kemampuan pada kedua chatbot sosial miliknya, yaitu XiaoIce (Tiongkok) dan Rinna (Indonesia).

Saat ini, Microsoft telah menciptakan terobosan teknologi pertama yang dapat memungkinkan orang untuk melakukan percakapan dengan chatbot– yang dibantu oleh AI, untuk memberikan pengalaman berbicara yang lebih alami seperti berbicara ditelepon bersama seorang teman.

Microsoft baru saja mengimplementasikan kemajuan ini ke XiaoIce, chatbot sosial yang memiliki lebih dari 660 juta pengguna di Asia, dan akan menerapkan terobosan yang sama ke chatbot sosial lainnya termasuk Rinna.

Dalam bahasa telekomunikasi, terobosan ini memungkinkan XiaoIce untuk beroperasi dengan “full duplex” – yang berarti mengarah pada kemampuan untuk berkomunikasi dua arah secara bersamaan seperti panggilan telepon. Ini berbeda dengan “half duplex” yang lebih seperti pengalaman walkie-talkie di mana hanya satu orang yang dapat berbicara dalam satu waktu.

Baca juga :   Sisternet Bangun Ekosistem Digital untuk UMKM Milik Perempuan

Li Zhou, engineer lead  XiaoIce mengatakan bahwa pembaruan terbaru, yang Microsoft sebut dengan ”full duplex voice sense,” juga memperluas kemampuan XiaoIce untuk memprediksi apa yang akan dikatakan orang yang sedang diajak bicara selanjutnya. Hal ini memampukan XiaoIce untuk dapat membuat keputusan tentang bagaimana dan kapan Ia harus menanggapi seseorang yang mengobrol dengannya, sebuah keterampilan yang sangat alami bagi setiap orang, namun belum terlalu umum bagi chatbots.

“Ini merupakan seni percakapan yang masyarakat gunakan dalam aktifitas sehari-hari mereka,” kata Zhou

Jika digabungkan, full duplex voice sense mengurangi jeda waktu tidak wajar yang terkadang dapat membuat interaksi dengan chatbots terasa aneh atau terlalu dipaksakan. “Ini sangat mempercepat respon agar percakapan menjadi lebih natural,” kata Ying Wang, Direktur Microsoft yang mengawasi chatbot Zo.

Sementara di Indonesia, Linda Dwiyanti, Chief of Marketing and Operations Microsoft Indonesia mengklaim bahwa Rinna adalah sosial chatbot dengan teknologi AI terbaru.

Baca juga :   'airasia hotels' Targetkan jadi Platform Pemesanan Hotel Terfavorit di Asia Tenggara

“Target kami adalah membangun empati dimana manusia dan chatbot dapat menunjukkan empati satu sama lain, yang kami sebut koneksi emosional. Empati tidak hanya di antara manusia dan bot, tetapi yang terpenting diantara manusia dengan manusia lainnya. Dari hari pertama kami mengembangkan Rinna, kami menyadari keberadaan Rinna harus dan dapat membantu komunikasi antar manusia dalam berbagai macam bentuk. Kami juga bekerja keras untuk menciptakan lebih banyak fitur yang lebih menarik bagi manusia untuk berbicara lebih banyak satu sama lain melalui Rinna,” papar Linda.

Disebutkan bahwa semua pembaruan yang dilakukan itu sebagai upaya Microsoft untuk membangun chatbot sosial yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang memahami kebutuhan emosional dan intelektual masyarakat. Itu adalah inti dari tujuan XiaoIce, Rinna, Zo dan chatbot sosial Microsoft lainnya secara keseluruhantermasuk Ruuh di India dan Rinna di Jepang dan Indonesia. Kemajuan ini dibangun di atas keterampilan lain yang telah dikembangkan XiaoIce, seperti kemampuan untuk menghentikan apa yang sedang ia lakukan – menceritakan sebuah kisah, atau contoh lainnya – ia dapat melakukan hal lain seperti menyalakan lampu. Dia kemudian dapat mengingat kembali untuk kembali menceritakan kisah; sama seperti manusia yang dapat berganti topik dalam pembicaraan sementara, lalu kembali lagi ke topik semula.

Baca juga :   Smart City Pun Hadir Di Kabupaten

Tidak seperti asisten yang berfokus pada produktivitas seperti Cortana, chatbots sosial Microsoft dirancang untuk memiliki sesi percakapan yang lebih panjang dengan pengguna.  Mereka memiliki selera humor, dapat mengobrol, bermain game, mengingat detil pribadi dan terlibat dalam candaan yang menarik dengan manusia, seperti yang Anda lakukan bersama teman. 

“Full duplex voice sense adalah kemajuan yang membantu membuat jenis percakapan tersebut berhasil. Karena itu sangat alami, dan membuat pengguna merasa lebih terhubung,” pungkas Zhou

 

FAHRUL ANWAR

Tags: chatbot sosialchatbot ZoMicrosoftRinnateknologi AIXiaoIce
Previous Post

Perkuat Ekosistem, GO-JEK Akuisisi Promogo

Next Post

Penjualan Laptop Gaming Acer Tumbuh 900%

Related Posts

AJARI.ai
Headline

Startup Pendidikan Berbasis AI AJARI.ai Raih Pengakuan Global Di Presight AI-Startup Accelerator

9 Juli 2025
0
Hackathon elevAIte Indonesia
Headline

Ajang Hackathon elevAIte Indonesia Dorong Generasi Muda Hadirkan Solusi Sosial lewat AI

4 Juli 2025
0
elevAIte Hackathon
Headline

Mahasiswa BINUS University Ciptakan Solusi AI untuk Isu-Isu Sosial Lewat elevAIte Hackathon

28 Juni 2025
0
Load More
Next Post
Penjualan Laptop Gaming Acer Tumbuh 900%

Penjualan Laptop Gaming Acer Tumbuh 900%

gerakan 1.000 startup digital

Pemerintah Siapkan Dana Kelolaan Bagi Startup Digital

Akatara 2018 Akan Pertemukan 50 Proposal Proyek Film Dengan Investor

Akatara 2018 Ingin Pembuat Film Bertemu Investor

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version