youngster.id - Generasi milenial merayakan Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine dengan membelikan kado bagi orang-orang tercinta. Survei “Pola Perilaku Belanja untuk Valentine” yang baru-baru ini dilakukan ShopBack ditemukan sebanyak 54,9% responden mengaku akan membelikan hadiah untuk pasangannya untuk Hari Valentine.
Survei yang dilakukan secara online terhadap lebih dari 1.100 responden dengan rentang usia 18-38 tahun di Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar ini bertujuan untuk melihat pola perilaku belanja masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Valentine.
Indra Yonathan, Co-Founder dan Country Head ShopBack Indonesia mengatakan pola perilaku belanja masyarakat Indonesia pada saat merayakan hari-hari spesial seperti Valentine memang mulai bergeser dari offline ke online.
“Berdasarkan survei yang kami lakukan, sebelum e-commerce marak di Indonesia, sebanyak 74,1% responden biasanya membeli hadiah untuk Valentine di toko offline dan 25,6 persen selalu membeli hadiah Valentine di toko online,” kata Yonathan dalam keterangannya Senin (12/2/2018) di Jakarta.
Menariknya, 54,1% responden perempuanlah yang bersemangat untuk memberikan sesuatu kepada pasangannya di hari kasih sayang tersebut.
Yonathan menambahkan, dengan maraknya e-commerce serta didukung dengan infrastruktur yang memadai, masyarakat sudah mulai beralih membeli hadiah untuk Valentine secara online. Bahkan, sebanyak 47,7 persen responden mengaku dengan adanya toko online (e-commerce) mereka semakin sering membeli barang untuk hadiah Valentine.
“Angka ini naik hampir dua kali lipat dari sebelumnya. Adapun barang-barang yang paling banyak dibeli secara online adalah cokelat (45,8%), voucer makanan di restoran mewah (32,5 % ), dan boneka (19,9%),” pungkasnya.
STEVY WIDIA