Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Mitra Bukalapak Ajarkan Strategi Pengembangan Bisnis ke Ratusan Warung di Malang

11 Maret 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
mitra bukalapak

Salah seorang mitra warung Bukalapak. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Mitra Bukalapak kembali menggelar acara Spesial Kumpul Juwara (SKJ) untuk meningkatkan kapabilitas para pemilik warung di Malang Raya dalam hal pengelolaan bisnis, produk, maupun finansial dengan bantuan teknologi.

Setelah sukses diselenggarakan di Bekasi, Karawang, dan Semarang tahun ini, kegiatan SKJ berlanjut ke wilayah Jawa Timur. Acara SKJ di Malang dihadiri oleh ratusan pemilik warung dan kios pulsa yang tergabung di Juwara, sebuah komunitas warung terbesar di Indonesia milik Mitra Bukalapak.

Becquini Akbar, VP Mitra Operations & Commerce, Mitra Bukalapak mengatakan, pihaknya  menginisiasi program-program edukasi dan mengangkat berbagai topik pengembangan bisnis seperti branding dan loyalitas konsumen untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan bisnis UMKM lewat strategi-strategi yang sederhana namun efektif.

“Untuk mendorong terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan bagi para pemilik warung di Indonesia, kami menghadirkan solusi yang lebih dari sekadar teknologi. Mitra Bukalapak juga memberikan wadah edukasi sekaligus ruang berjejaring lewat Komunitas Juwara. Kami percaya hal ini bisa menjadi jalan bagi para Mitra untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu bentuk edukasi yang kami fasilitasi yaitu asistensi dari Mitra untuk Mitra, sehingga mereka bisa berbagi ilmu terkait pengelolaan stok barang, keuangan, serta branding untuk meningkatkan pendapatan warung. Edukasi ini kami hadirkan salah satunya melalui program-program gathering seperti SKJ,” ujar Becquini, dikutip Sabtu (11/3/2023).

Baca juga :   Telkom University Luncurkan Inovasi Deteksi Jantung Mandiri dan Real Time

Menurut Becquini, dengan adanya aktivitas rutin seperti SKJ, para pemilik warung berkesempatan untuk menggali inspirasi lewat kisah sukses sesama pengusaha warung. Misalnya, salah satu anggota Komunitas Juwara, Khusnia Fatmawati atau akrab disapa Nia, menceritakan keberhasilannya meningkatkan pendapatan hingga 2x lipat berkat penjualan berbagai produk dan implementasi strategi branding untuk menarik pelanggan.

“Mitra Bukalapak tak hanya membuat berjualan produk grosir maupun virtual lebih mudah, namun juga memberikan pendampingan agar pengelolaan warung lebih optimal. Karena itu, saya tidak pernah absen mengikuti acara-acara Komunitas Juwara. Ada satu tips yang selalu saya ingat dan turut membantu warung saya jadi besar seperti sekarang. Intinya, warung itu serba ada, jadi sebisa mungkin jangan menolak pelanggan agar mereka tidak ke warung lain,” ungkap Mitra yang bergabung sejak 2019 ini.

Baca juga :   Mitra Bukalapak Beri Edukasi Belajar Kelola Bisnis Kepada Pemilik Warung di Bekasi dan Karawang

Guna menunjang bisnis warungnya, Nia memanfaatkan beberapa strategi branding mulai dari pemasangan spanduk di depan warung berisi daftar produk dan layanan, implementasi teknik penjualan silang, hingga promosi yang menggunakan pendekatan dari mulut ke mulut. Peningkatan pendapatan yang ia dapatkan membuat Nia bisa merenovasi bagian dalam warung dan menarik lebih banyak pelanggan untuk datang.

Mitra lainnya, Liya Wahyuningsih, juga mendapat banyak wawasan terkait pengelolaan bisnis lewat Komunitas Juwara. Pengetahuan mendasar terkait cara memperluas jangkauan dan menarik pelanggan menjadi bekal kesuksesannya dalam mempromosikan berbagai produk virtual di warungnya seperti pulsa, token listrik, tagihan PDAM, juga pengisian e-wallet.

“Materi-materi edukasi yang diberikan di SKJ, misalnya terkait branding, promosi, pembuatan konten, dan strategi mengatur keuangan, bisa saya terapkan langsung ke warung. Sekarang warung saya terkenal di kalangan pelanggan karena nyaman, tidak perlu antre, dan harganya bisa bersaing dengan minimarket,” ungkap Liya.

Baca juga :   Mitra Bukalapak Dorong Transformasi Warung lewat Mitra Mentorship Program

Hasilnya, Liya dapat meraup pendapatan hingga 3x dari sebelumnya. Dari peningkatan pendapatan ini, Liya bisa meraih pencapaian lainnya seperti merenovasi dan memperluas warungnya serta membeli sepeda motor untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

 

HENNI S.

Tags: Mitra Bukalapakpengembangan bisnis UMKMSpesial Kumpul Juwara (SKJ)
Previous Post

Bidik Gen Z dan Milenial, Ismaya Group Luncurkan Kopi Kemasan Kekinian

Next Post

UMKM Wajib Catat, Ini Lima Ide Jualan di Bulan Puasa dan Tips Bisnis Online

Related Posts

Bukalapak
Headline

Dikontribusi dari Marketplace, Pendapatan Bukalapak Tumbuh 6% di Kuartal II 2024

31 Juli 2024
0
GadePreneur 2024
Headline

Sebanyak 360 Peserta Lolos Kurasi Gadepreneur 2024

5 Maret 2024
0
Mitra Bukalapak
News

Semangati Pemilik Warung Agar Bertumbuh di Tahun Baru, Mitra Bukalapak Gelar SPEKTA

22 Desember 2023
0
Load More
Next Post
Tokopedia

UMKM Wajib Catat, Ini Lima Ide Jualan di Bulan Puasa dan Tips Bisnis Online

Link Net x TEA Networks

Kolaborasi Link Net dan TEA Networks Hadirkan Layanan Wi-Fi Generasi Terbaru di Rumah

DANA

Permudah Akses Pembayaran Nontunai, DANA Gandeng Alfamart

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version