youngster.id - Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia telah mempermudah pegiat usaha tradisional seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya dalam mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi. Berbagai dampak positif dirasakan para pemilik warung berdasarkan survei yang dilakukan terhadap ribuan Mitra pada Oktober 2020.
“Selama ini, Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan paling luas di Indonesia,” ucap Doni Nathaniel Pranama, Head of New Retail Tokopedia saat jumpa pers dengan media yang disiarkan secara online Senin (2/11/2020).
Menurut dia, dampak positif dirasakan para pemilik warung berdasarkan survei yang dilakukan terhadap ribuan Mitra pada Oktober 2020. “Hampir 80% pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya yang bergabung menjadi Mitra Tokopedia meraih keuntungan tambahan lebih dari 2x lipat,” imbuhnya.
Doni juga memaparkan, saat ini 5 dari 10 Mitra Tokopedia kini punya tabungan tambahan. Lebih dari itu, 35% Mitra Tokopedia sudah memanfaatkan transaksi non-tunai/dompet digital.
“Jadi hampir 25% dari Mitra Tokopedia masih tetap bisa mendapatkan pemasukan bulanan walaupun sudah tidak bekerja lagi sebagai karyawan,” tambahnya.
Di sisi lain, pegiat usaha tradisional bisa merasakan beragam kemudahan. Mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan pembayaran hingga kehadiran sejumlah fitur, seperti Grosir dan Penjualan Produk Digital.
Fitur Grosir, yang telah tersedia di lebih dari 75 kota di Indonesia, membantu pemilik warung membeli stok dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Data internal Tokopedia mencatatkan hampir 100% Mitra Tokopedia menghemat biaya transportasi lebih dari Rp50.000 per minggu dengan memanfaatkan fitur Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia.
Untuk itu, mitra Tokopedia akan terus memajukan pegiat usaha tradisional terutama yang saat ini terdampak pandemi. Salah satunya lewat Gerakan Warung Nasional (GWN) yang sudah diadakan dua tahun berturut-turut.
“Tahun ini, Tokopedia mengusung tema GWN #BangkitBarengWarung. Mengingat ekosistem warung merupakan bagian dari UMKM, penyokong lebih dari 60% perekonomian Indonesia,” papar Doni.
Melalui #BangkitBarengWarung, Mitra Tokopedia menghadirkan tiga pilar kegiatan, yaitu mengenalkan aplikasi Mitra Tokopedia kepada masyarakat luas, terutama kepada yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, untuk membuka usaha Payment Point Online Bank (PPOB) dan warung.
Kedua, menghadirkan promo menarik di aplikasi untuk meningkatkan penghasilan. Terakhir, menghadirkan berbagai konten edukasi untuk memperlengkapi para pemilik warung maupun masyarakat yang kehilangan pekerjaan agar dapat berwirausaha bersama Mitra Tokopedia.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post