Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

MMA Indonesia Chapter Kupas Mobile Outlook & Trends 2019

2 Maret 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
MMA Indonesia Chapter Kupas Mobile Outlook & Trends 2019

The Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia Chapter. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Setelah mendapat predikat sebagai dewan lokal keempat di Asia Pasifik, The Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia Chapter telah resmi mengumumkan pembentukannya pada 19 Desember 2018 lalu.

Shanti Tolani, Country Manager MMA keberadaan MMA Indonesia untuk mempercepat transformasi dan inovasi pemasaran melalui seluler. Menjadi salah satu dari 10 negara yang paling aktif berinternet seluler di tataran global.

“Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pasar yang paling menarik di industri pemasaran seluler dan oleh karena itu MMA hadir untuk membantu menciptakan lanskap pemasaran seluler yang berkelanjutan di Indonesia,” ujar Shanti Tolani, Country Manager MMA kepada media Kamis (28/2/2019) di Ocha Bella Resto Jakarta.

MMA merupakan asosiasi perdagangan global yang menyatukan seluruh ekosistem pemasar, agensi iklan, penyedia dan penjual teknologi dengan representasi dan keterlibatan dari tingkat tertinggi, diibuktikan oleh dewan direksi.

Baca juga :   ISDP Siapkan Mahasiswa Jadi Sosiopreneur Muslim

Hemant Bakshi, Chairman MMA Indonesia dan Chairman PT Unilever Indonesia Tbk, mengatakan merk dan agensi sama harus sama-sama teguh dalam melayani populasi pengguna seluler yang besar di Indonesia.

“Untuk itu, melalui solusi inovatif dan mematuhi praktik dan pedoman terbaik industri, merk dapat memanfaatkan jangkauan luas pemasaran seluler untuk meningkatkan tingkat keterlibatan konsumen,” jelas Hemant.

“Transformasi tentunya dibutuhkan untuk melihat ke masa depan dan membangun visi dan strategi untuk sampai kesana. Kami bermaksud menjaga tema global #shapethefuture hingga 2019 dan telah merancang serangkaian kegiatan dan program untuk pasar Indonesia,” sambung Shanti Tolani,

Selain kalender kegiatan yang dibahas lebih awal dalam kesempatan MMA juga berbagi tren pemasaran seluler untuk 2019 diantaranya :

1. Era baru pembayaran seluler

Baca juga :   Litbang Industri Ditingkatkan, Daya Saing Meningkat

Indonesia telah cukup adaptif dengan inovasi dompet seluler sebagai metode pembayaran. Jumlah pengguna terus bertambah dan akan mengalami implementasi yang signifikan dalam
waktu dekat.

2. Konsumsi video dan tayangan vertikal yang meningkat.

Konsumsi video tumbuh secara signifikan pada tahun 2018, di mana Telkomsel melihat peningkatan 59% dalam penggunaan data (volume per pengguna) di jaringan mereka. Ini diidorong oleh meningkatnya pasokan konten video dari penerbit, pembuat, dan konten buatan pengguna.

3. Peningkatan volume konten berlangganan dibandingkan konten gratis.

Konsumsi konten berbasis langganan terus meningkat. Di Telkomsel pertumbuhannya adalah 22%, hampir dua kali lipat pertumbuhan konsumsi konten gratis (12%). Meskipun jumlah pengguna jauh lebih rendah, pengguna platform berbayar mengonsumsi 7,4 lebih banyak data
dari pada platform gratis.

4. Adopsi pemasaran percakapan

Baca juga :   IDCamp 2021 Kembali Kembangkan Talenta Digital Khusus Coding

Merek telah mulai memanfaatkan chatbot dan kecerdasan buatan yang muncul untuk memperluas jangkauan mereka dan mendukung upaya pemasaran mereka dengan melibatkan konsumen pada tingkat pribadi dan langsung.

5. Game seluler untuk semua orang

Penelitian terbaru oleh Pokkt, Decision Labs, dan MMA menemukan bahwa ada 60 juta gamer seluler di Indonesia dan akan terus meningkat sebesar 100 juta pada tahun 2020. Yang menarik, dunia permainan tidak didominasi oleh pemuda laki-laki. Faktanya, 51% gamer Indonesia adalah perempuan dan 41% berusia 35 tahun ke atas.

6. Tumbuhnya kesadaran AdFraud (Penipuan Iklan)

Penipuan iklan seluler di Indonesia adalah yang terbesar kedua di dunia. Namun, sebagian besar pengiklan Indonesia masih tidak memantau penayangan iklan dan bahkan tidak mengetahui masalah tersebut.


FAHRUL ANWAR

Tags: Mobile OutlookThe Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia ChapterTrends 2019
Previous Post

SLANK Jadi Duta Brand Shopee

Next Post

TIX ID, Disney dan DANA Berkolaborasi

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
TIX ID, Disney dan DANA Berkolaborasi

TIX ID, Disney dan DANA Berkolaborasi

Facebook-YCAB Kembali Adakan Literasi Digital

Facebook Tingkatkan Deteksi Konten Negatif

Java Jazz Festival 2019 Bertema Broadway

Java Jazz Festival 2019 Bertema Broadway

Discussion about this post

Recent Updates

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version