youngster.id - DANA menjalin kerja sama dengan DAMRI untuk makin memudahkan masyarakat menggunakan moda transportasi badan usaha milik negara (BUMN) tersebut sekaligus memperkuat budaya contactless. Melalui kolaborasi ini, masyarakat bisa menggunakan DANA sebagai alat pembayaran baik secara online maupun offline saat bepergian dengan armada DAMRI.
“Sejak awal, teknologi DANA dibangun agar memungkinkan segala bentuk kolaborasi dengan platform lain maupun ekosistem yang ada sehingga keuangan digital makin inklusif. Sinergi dengan DAMRI merupakan bagian dari upaya DANA untuk terus mendorong budaya cashless dan contacless sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi digital yang makin mudah, aman dan nyaman,” ungkap Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA dalam keterangan pers, Rabu (31/3/2021).
Bersama DAMRI, DANA menawarkan dua solusi yaitu offline dan online. Untuk solusi offline, DANA mengintegrasikan QRIS dengan POS milik DAMRI. Sementara untuk solusi online, DANA menjadi salah satu opsi pembayaran dalam aplikasi DAMRI
Untuk memanfaatkan aplikasi DANA dalam transaksi offline, calon penumpang bisa datang langsung ke loket DAMRI. Kemudian pilih tujuan dan jama keberangkatan, dilanjutkan dengan memilih tempat duduk. Tunjukkan ID Card, lalu bayar dengan memindai QRIS menggunakan aplikasi DANA.
Adapun bagi DAMRI, kolaborasi dengan DANA melengkapi berbagai metode pembayaran nontunai dan nonkartu sekaligus mempermudah masyarakat membeli tiket perjalanan antar kota, menuju bandara dan kawasan pariwisata, baik melalui situs web dan aplikasi DAMRI maupun secara offline di pool DAMRI.
“Kerja sama ini memperluas jangkauan ekosistem pembayaran cashless untuk setiap pembelian tiket DAMRI. Langkah ini menambah pilihan metode pembayaran digital yang dapat diakses melalui website tiket.damri.co.id aplikasi DAMRI Apps (Playstore), dan melalui agen resmi penjualan lainnya,” kata Setia N Milatia Moemin, Direktur Utama DAMRI.
Sementara untuk transaksi online, calon penumpang terlebih dahulu harus membuka aplikasi DAMRI Apps di Play di Playstore Android. Selanjutnya, pilih layanan yang diinginkan: Bandara, Antar Kota, atau Tempat Wisata. Lalu pilih tempat keberangkatan dan destinasi. Dilanjutkan dengan memilih bus, jam keberangkatan dan tempat duduk. Langkah berikutnya adalah mengisi nama. Setelah itu, pilih DANA sebagai metode pembayaran dan lakukan pembayaran melalui DANA Cashier Page. Setelah pembayaran berhasil, pengguna akan mendapatkan e-ticket sesuai destinasi yang dipilih.
Pembayaran menggunakan DANA tersedia untuk pembelian tiket lebih dari 100 rute perjalanan, di antaranya Lampung, Malang, Surabaya, Bandung, Bogor, Makassar, Medan, Pontianak, dan seluruh rute yang tersedia di Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post