Nature to Scale, Program Akselerasi Untuk 35 Startup Indonesia

startup

Startup (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - UK-Indonesia Tech Hub dan Endeavor meluncurkan program akselerasi untuk startup Indonesia bernama Nature to Scale. Program ini akan menyasar 35 perusahaan rintisan di sejumlah sektor, seperti kesehatan hingga pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Nature to Scale menyasar startup di sejumlah sektor, seperti kesehatan, tanggap Covid-19, tanggap bencana, yang berfokus pada UMKM, perubahan iklim, kemanusiaan, dan pemberdayaan perempuan.

Director UK-Indonesia Tech Hub Rachmalia Nikijuluw mengatakan, program itu diluncurkan sebagai upaya dari UK-Indonesia Tech Hub untuk membangun jaringan global di industri teknologi.

“Ini bertujuan meningkatkan upaya inovasi dan kemitraan antara Inggris dan Indonesia di sektor teknologi,” katanya dalam siaran pers, Rabu (27/10/2021).

Menurut laporan dari Startup Genome bertajuk The Global Startup Ecosystem Report (GSER) 2021, ibukota Jakarta menempati urutan ketiga setelah Mumbai dan Kopenhagen dari 100 kota di seluruh dunia dalam daftar “emerging startup ecosystem.”

Director Endeavor Indonesia Wayah Wiroto mengatakan, startup Indonesia mempunyai potensi pertumbuhan yang besar. “Peringkat di GSER 2021 menunjukkan kekuatan dalam ekosistem dengan potensi startup Indonesia yang tinggi. Indonesia memiliki support system yang baik. Ini salah satu aspek pendukungnya,” ujarnya.

Di Indonesia, tahun lalu terdapat 57 pengusaha yang tergabung dalam Endeavor Indonesia dan berhasil meraup pendapatan US$ 419 juta atau sekitar Rp 5,9 triliun. Sebanyak 43 di antaranya bekerja di startup.

Program Nurture to Scale akan berlangsung mulai 5 November hingga Januari 2022. Pendaftaran ditutup 27 Oktober dan startup terpilih akan diumumkan 1 November. Peserta terpilih akan melalui program lokakarya dan sesi mentoring selama delapan pekan. Startup bakal mendapatkan materi terkait pertumbuhan dan arah bisnis skala besar, peningkatan kemampuan pribadi hingga kepemimpinan.

Peserta terpilih akan melalui program lokakarya dan sesi mentoring selama delapan pekan. Startup bakal mendapatkan materi terkait pertumbuhan dan arah bisnis skala besar, peningkatan kemampuan pribadi hingga kepemimpinan.

Mereka juga dapat mendiskusikan pengelolaan bisnis dengan ahli dan mentor dari Endeavor, UK-Indonesia Tech Hub hingga investor.

UK-Indonesia Tech Hub dan Endeavor menetapkan sejumlah kriteria startup yang akan dipilih dalam program akselerasi itu. Seperti, startup yang memiliki teknologi atau tech-enabled bisnis dengan kantor pusat di Indonesia. Bisnis tidak dalam tahap ide atau telah mengembangkan produk-siap. Serta telah membangun daya tarik pasar yang cukup luas

STEVY WIDIA

Exit mobile version