Netflix Sumbang Rp 1,5 Triliun untuk Industri Kreatif Terdampak Corona

Nerflix

Netflix. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Penyedia layanan streaming video on-demand Netflix, menyiapkan dana US$100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun untuk disumbangkan ke sejumlah pihak di industri kreatif yang sedang dilanda kesulitan akibat Covid-19.

“Kami mengumpulkan dana untuk membantu komunitas kreatif melewati masa-masa sulit,” ujar Ted Sarandos Chief Content Officer Netflix dalam keterangannya, Rabu (8/4/2020).

Menurut Sarandos, dana ini akan diprioritaskan kepada seluruh karyawan dan awak produksi Netflix di seluruh dunia. Kucuran dana tersebut menjadi penghasilan tambahan di luar gaji dua mingguan yang sebelumnya telah dibayarkan oleh pihak Netflix kepada para pegawainya.

Dari US$100 juta tersebut, Netflix akan mengucurkan dana 15 juta dollar AS (Rp 236 miliar) kepada sejumlah lembaga kreatif pihak ketiga di seluruh dunia yang hingga saat ini membantu bisnis produksi Netflix. Kemudian sejumlah organisasi amal yang ada di Amerika Serikat seperti SAG-AFTRA Foundation Covid-19 Disaster Fund, Motion Picture and Television Fund, hingga Actors Fund Emergency Assistance, akan mendapatkan donasi masing-masing sebesar US$1 juta.

Sementara di Kanada, Netflix juga akan membagikan dana sebesar US$1 juta untuk badan amal AFC dan Fondation des Artistes. Sarandos melanjutkan, bantuan tersebut juga akan disalurkan ke sejumlah lembaga kreatif di beberapa kawasan di luar AS yakni mencakup Eropa, Amerika Latin, serta Asia.

Pihak Netflix juga berjanji bakal memberikan detail terkait siapa saja pihak yang akan mendapatkan bantuan ini dalam beberapa waktu ke depan. “Kami akan mengumunkan rincian dari donasi ke beberapa lembaga di negara lain (selain AS dan Kanada) minggu depan,” pungkas Sarandos.

STEVY WIDIA

Exit mobile version