youngster.id - Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020, pagelaran mode virtual sukses menuai dukungan positif dari masyarakat pecinta mode di Indonesia. Sepanjang acara berlangsung, NUFF 2020 telah disaksikan oleh 2.208.266 viewers dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara.
Ini merupakan indikasi yang menggembirakan bagi industri mode Indonesia, di tengah masa yang menantang ini. Pagelaran ini merupakan inisiatif dari Kementerian BUMN melalui Bank BRI guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.
Erick Thohir, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Menteri Kementerian BUMN mengatakan NUFF 2020 merupakan kolaborasi lebih dari 300 desainer, UMKM dan pegiat fashion Indonesia untuk menyemarakkan HUT ke-75 Indonesia.
“Karya-karya anak bangsa memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Mari kita support hasil UMKM, fashion lokal dengan makin sering membeli barang-barang lokal. Bangga Buatan Indonesia!,” ungkap Erick dalam keterangan pers, Sabtu (19/9/2020).
Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI menambahkan NUFF 2020 hadir dengan misi khusus memperkenalkan ragam hasil karya mode tanah air bagi masyarakat Indonesia. Animo masyarakat terhadap NUFF 2020 sangat luar biasa dan diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia akan produk mode lokal.
Guna mendukung UMKM mode nasional, Bank BRI mengadakan berbagai kegiatan online dan offline dengan promo menarik. Selama Agustus saat NUFF 2020 berlangsung, BRI mencatat telah terjadi transaksi dengan sales volume lebih dari Rp 89 miliar.
“Angka ini meningkat hampir 2 kali lipat dimana sales volume merchant offline dan online pada bulan sebelumnya atau sebelum event NUFF Rp 45,8 miliar. Tentunya hal ini memberikan dampak secara langsung bagi keberlangsungan bisnis UMKM sektor mode,” ungkap Handayani.
Sementara itu, CEO Samara Media & Entertainment, selaku penyelenggara NUFF 2020, Ben Soebiakto menambahkan NUFF 2020 memaksimalkan ekosistem digital untuk menjadi wadah presentasi mode Indonesia. Kami menjadi penggerak bagi industri mode untuk kembali bangkit dan mempresentasikan karya mereka. Pada 16 – 31 Agustus 2020 NUFF 2020 juga menggelar Charity Auction. Lelang virtual ini, berhasil mendapatkan dana sebesar Rp 100.586.000. Seluruh dana yang dikumpulkan diserahkan kepada Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), guna mendukung pengembangan UMKM mode di 5 daerah wisata di Indonesia.
“Kami harap masyarakat Indonesia mendukung gerakan #LokalTiapHari dengan menggunakan dan membeli produk lokal setiap harinya. Melalui gerakan sederhana ini, kita bisa sungguh berkontribusi bagi perkembangan ekonomi negara,” tutupnya.
STEVY WIDIA