youngster.id - Kebiasaan berbelanja orang Indonesia ternyata unik. Mereka mulai banyak berbelanja lewat online. Dan waktu yang pergunakanbelanja adalah saat jam kerja.
Hal ini diungkapkan Muhammad Fajrin Rasyid Co Founder dan CFO Bukalapak.”Pembelian melalui handphone dua tahun terakhir mengalami peningkatan yang sudah melewati desktop. Sudah mulai peningkatan bahkan sekarang mayoritas sudah berbelanja menggunakan handphone,” ungkapnya belum lama ini.
Hal yang menarik, pengelola e-commerce ini mengungkapkan calon konsumen kebanyakan berbelanja online melalui Bukalapak pada jam kerja yaitu sekitar pukul 13.00-14.00, kemudian kembali meningkat puncaknya pada pukul 20.00-21.00.
“Orang Indonesia sering berbelanja itu jam kerja jadi khususnya itu sekitar jam satu jam dua siang, jadi bukan saat makan siang tetapi setelah makan siang jadi setelah makan siang obrolin ini saya dapat ini sebagainya balik ke kantor sebelum memulai kerja belanja dulu. Untuk jam delapan jam sembilan malam orang sudah sampai rumah kemudian dah santai koneksi internet sudah semakin baik di handphone,” terangnya.
Perilaku konsumen ini penting bagi Bukalapak untuk mendongkrak transaksi penjualan. Fajrin mengakui bahwa pihaknya menargetkan peningkatan transaksi penjualan sebesar 40% pada bulan Ramadan ini. Mereka focus pada beberapa produk diantaranya fashion, makanan, dan gadget.
“Dua minggu menjelang Lebaran penjualannya meningkat, biasanya puncaknya minggu depan ya kira-kira karena sebagian belum dapat THR kayaknya akhir minggu ini ya, jadi sampai sekarang itu 20-30 %. Jadi minggu depan bisa 40 – 100 %,” kata Fadjin.
STEVY WIDIA
Discussion about this post