Otten Coffee dan Rasa Group Gelar Kompetisi Meracik Kopi

Otten-Coffee-Kopi-Fest-Indonesia

Otten Coffee dan Rasa Group Gelar Kompetisi Meracik Kopi (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Otten Coffee dan Rasa Group menggelar kompetisi meracik kopi dan minuman prestisius berskala nasional hingga internasional, yaitu Indonesia AeroPress Championship dan Barista Innovation Challenge (BIC).

Indonesia AeroPress Championship adalah kompetisi tingkat internasional yang mempertemukan banyak kalangan, mulai dari penyeduh kopi rumahan hingga para profesional yang menggunakan AeroPress, alat kopi yang populer di antara para pecinta kopi.

“Sebagai pemegang lisensi resmi Indonesia AeroPress Championship, Otten Coffee mengapresiasi antusiasme para peserta tahun ini. Banyak peserta memiliki teknik berbeda-beda. Uniknya, kompetisi ini tak melulu diikuti oleh barista kawakan, namun juga para penyeduh kopi rumahan,” kata Jhoni Kusno, CEO dan Co-Founder Otten Coffee Indonesia, Rabu (4/10/2023).

Mmenurut Jhoni, di Indonesia, kompetisi ini sebelumnya diselenggarakan di tahap regional dengan diikuti lebih dari 300 peserta yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia, dengan animo yang luar biasa dari masyarakat Indonesia. Nantinya, para pemenang dari setiap kota akan ditandingkan kembali dalam babak final di di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 5 Oktober 2023.

Pemenang dari babak ini akan menjadi perwakilan Indonesia di Melbourne, Australia, untuk berlaga di World AeroPress Championship 2023 dan berhadapan para juara dari negara lain.

Selain itu, Otten Coffee juga menggelar Barista Innovation Challenge (BIC), yakni sebuah kompetisi yang menantang para barista serta home brewer untuk berinovasi menampilkan keahlian dalam meracik berbagai minuman berbasis kopi. Kompetisi ini telah berlangsung di beberapa kota, dan dilanjutkan dengan laga final yang akan dihadirkan di kota Jakarta.

“Seperti tahun lalu, dengan diadakannya BIC, kami mengharapkan bisa mendapat varian resep cita rasa kopi yang membawa ciri khas Indonesia dan rasa yang bersaing di kancah luar negeri di BIC tahun ini,” kata Sherley Ruslie, Managing Director dari Rasa Group,

Lebih meriah dari tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta, yang berasal dari berbagai daerah. Nantinya, para juri akan melakukan penilaian secara menyeluruh hingga akhirnya mendapatkan pemenang untuk Barista Innovation Challenge 2023. Finalnya akan diadakan pada tanggal 8 Oktober 2023 di tempat yang sama.

Kedua acara tersebut diadakan dalam pagelaran Kopi Fest Indonesia 2023. Sebelumnya, festival kopi ini digelar di Medan, Semarang, dan Bandung.

“Acara ini dapat merangkul seluruh kalangan, baik penikmat kopi kasual, expert, hingga pengunjung umum. Kami membawakan sejumlah kreasi beverage terutama kopi yang otentik dari berbagai daerah di Indonesia, kami berharap turut mendapatkan insight dari masyarakat dalam mengembangkan industri kopi,” tutup Sherley.

Kopi Fest Indonesia 2023 diselenggarakan atas kolaborasi Otten Coffee dan Rasa Group, yang mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

 

HENNI S.

Exit mobile version