Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

OVO Luncurkan Mesin Jual Otomatis Digital

17 Oktober 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
OVO Luncurkan Mesin Jual Otomatis Digital

Chief Data Officer OVO Vira Shanty pada peluncuran OVO Smartcube. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Unicorn Tanah Air, PT Visionet Internasional (OVO) meluncurkan mesin jual otomatis berbasis digital (smart vending machine), bernama OVO Smartcube. Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran ini berencana menyediakan 500 mesin hingga akhir tahun depan.

Chief Data Officer OVO Vira Shanty mengklaim, produk terbarunya ini merupakan smart vending machine pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan analisis data secara real-time. OVO Smartcube akan merekam tingkah laku dan demografi pelanggan.

Data yang direkam meliputi usia, jenis kelamin, lokasi, kemampuan berbelanja (spending power) hingga perangkat (device) yang digunakan seperti ponsel atau tablet, termasuk tipenya. “Maka, mesin ini mampu menyesuaikan produk dan layanan dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna,” kata Vira dalam keterangannya, Selasa (15/10/2019) di Jakarta.

Baca juga :   LinkAja Dapat Kucuran Dana Segar dari Gojek Perluas Opsi Pembayaran Digital

Peluncuran tahap pertama OVO Smartcube dilakukan pada Juli lalu. “Kami target jadi 100 akhir tahun ini, 500 pada 2020, dan 1.000 pada akhir 2021,” kata Vira. Untuk bisa meluncurkan mesin jual otomatis, OVO bekerja sama dengan Kinetica, Cloudera, dan Informatica.

Menurut dia, ide awal produk ini adalah untuk membuat data ekosistem OVO dapat berperan bukan hanya interaksi ke pelanggan tetapi juga mitra. Untuk itu, mesin ini mampu mengevaluasi preferensi konsumen dan menyediakan informasi secara instan dan akurat. Ia mencontohkan, kapan saja pengguna banyak berbelanja hingga produk yang paling banyak dibeli.

“Informasi yang dikumpulkan oleh mesin ini dapat diakses oleh mitra pemegang merek (brand) OVO, dalam bentuk insight. Ini bisa dimanfaatkan oleh brand mitra untuk memberikan penawaran yang sesuai dengan target,” kata dia.

Baca juga :   Gebrak Pasar Milenial, Sepatu Keselamatan Ini Jadi Lebih Gaya

Untuk mendukung analisis data itu, OVO Smartcube dilengkapi dengan beberapa fitur. Di antaranya contoh produk (product sampling), penjualan (selling), survei, pemasangan iklan (advertising), isi ulang (top up), program loyalitas seperti voucher, dan video iklan. Dewasa ini, menurutnya layanan mulai berfokus pada minat konsumen (consumer centric). Karena itu, menurutnya divisi pemasaran perlu mengidentifikasi perjalanan interaksi konsumen terhadap merek mereka dan menjadikan konsumen sebagai prioritas.

Berdasarkan data internal OVO, 81% konsumen ingin pemegang merek memahami mereka dengan lebih baik. Lebih dari 55% marketer menggabungkan data insight dan umpan balik (feedback) konsumen untuk personalisasi konten. Lalu, 94% marketer berfokus pada kemampuan analisis data, teknologi personalisasi, dan profil pelanggan dalam memberikan pengalaman yang sesuai. “Marketer kini berlomba-lomba untuk melakukan pendekatan pemasaran yang berpusat pada konsumen,” kata dia.

Baca juga :   OVO dan Kudo Bermitra Untuk Percepat Pertumbuhan

Saat ini, ada beberapa pemegang merek yang sudah bekerja sama dengan OVO untuk mendapat insight. Di antaranya kosmetik asal Korea Selatan, makanan dan minuman. “Ini misinya adalah terkait analitik,” kata Vira. Ia menegaskan bahwa data yang disampaikan ke mitra bukan bersifat pribadi, melainkan dalam bentuk ringkasan perbandingan (agregasi summary) atau insight.

STEVY WIDIA

Tags: mesin jual otomatis berbasis digitalOVOPT Visionet Internasional (OVO)Smart Vending Machine
Previous Post

Tingkatkan Layanan Terintegrasi, Gojek Gandeng KAI

Next Post

Bukalapak Klaim Gaet 2,5 Juta Mitra

Related Posts

GEBUK JUDOL RONDE 2
News

Kumpulkan 11 Ribu Laporan, OVO Kembali Gelar GEBUK JUDOL Ronde 2

4 Agustus 2025
0
Grab-OVO Hadirkan Teknologi AI Untuk Pantau Operasional MBG Mitra UMKM
News

Grab-OVO Hadirkan Teknologi AI Untuk Pantau Operasional MBG Mitra UMKM

26 Juni 2025
0
OVO Nabung
Headline

Targetkan Gen Z Jadi Nasabah, OVO Berkolaborasi dengan Superbank Hadirkan OVO Nabung

19 Mei 2025
0
Load More
Next Post
mitra bukalapak

Bukalapak Klaim Gaet 2,5 Juta Mitra

Sinergi SPIL-Deliveree Tingkatkan Kinerja Logistik Melalui Teknologi Digital

Sinergi SPIL-Deliveree Tingkatkan Kinerja Logistik Melalui Teknologi Digital

platorm Bizhare

Heinrich Vincent : Bangun Akses Investasi Gotong Royong

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version