Pascapandemi, 52% Wisatawan Puas dengan Hotel yang Bersih dan Berlokasi Strategis

RedDoorz

Salah satu jaringan RedDoorz di Indonesia. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Industri perhotelan mulai kembali menggeliat pasca pandemic. Guna mempelajari kebutuhan tersebut, RedDoorz bersama dengan Telkomsel tSurvey melakukan riset terhadap 300 responden wisatawan berusia 20-45 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Yogyakarta mengenai ekspektasi mereka terhadap hotel.

Berdasarkan hasil riset tersebut, 52% responden sudah puas mendapatkan hotel yang bersih dan berlokasi strategisi, 46% responden menuntut hotel berfasilitas lengkap (selama masuk anggaran), dan sisanya (2%) memilih hotel dengan harga kamar yang paling terjangkau.

Lebih lanjut, dari hasil riset tersebut juga ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari responden laki-laki maupun perempuan, di mana mereka semua (51-52%) sudah merasa cukup dengan hotel yang bersih dan berlokasi strategis, tanpa harus memiliki fasilitas sangat lengkap.

“Melalui survey ini, kami bertujuan untuk memahami perbedaan tipe pelanggan, sehingga kami dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggan secara maksimal. Sebuah temuan menarik bahwa separuh responden mengidentifikasi diri sebagai customer ‘esensial’. Mereka membutuhkan hotel hanya untuk tempat beristirahat dan menaruh tas, yang penting bersih, aman, dan berlokasi strategis,” kata Henry Manampiring Regional VP Marketing RedDoorz dalam keterangan pers, Jumat (16/9/2022).

Selain itu, dalam survey juga ditemukan ketika berlibur sendirian dan bersama grup, keluarga, maupun saat staycation, lebih banyak responden yang memilih hotel dengan fasilitas lengkap sesuai anggaran (60% untuk liburan sendirian/bersama teman, 79% untuk liburan bersama keluarga, dan 78% untuk staycation). Sementara untuk perjalanan bisnis, mayoritas responden (52%) sudah puas dengan hotel yang berlokasi strategis, aman, dan bersih sebagai tempat mereka beristirahat, tidak perlu fasilitas selengkap mungkin.

Sejak didirikan pada 2015, RedDoorz telah merangkul banyak property owner independen untuk memaksimalkan potensi akomodasi mereka dan mendorong industri pariwisata Indonesia agar terus berkembang.

Selain itu, RedDoorz juga telah meluncurkan berbagai lini hotel dan akomodasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, seperti SANS Hotel untuk mereka yang berjiwa muda dan chill, Urbanview Hotels yang dapat mengakomodasi kebutuhan bepergian para urban traveler, Sunerra Hotel yang cocok bagi keluarga yang menginginkan layanan berkelas, serta KoolKost yang cocok bagi mereka yang membutuhkan akomodasi jangka panjang.

“Hingga saat ini, masyarakat dapat mengakses properti RedDoorz secara mudah di 190 kota di Indonesia melalui aplikasi kami di Android maupun iOS. Tersebarnya RedDoorz di banyak kota ini pun berhasil dilakukan berkat dukungan para property owner, stakeholders, hingga Online Travel Agent (OTA) yang telah setia menemani RedDoorz hingga saat ini. Dukungan dan kerjasama ini kami yakin akan membantu mengantarkan RedDoorz untuk mencapai Break Event Point (BEP) pada bulan Oktober tahun ini,” tutup Henry.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version