ESB Kembangkan Sistem POS Berbasis AI untuk Bisnis Kuliner

aplikasi OLIN

ESB Kembangkan Sistem POS Berbasis AI untuk Bisnis Kuliner (Foto: Istimewa)

youngster.id - Sebagai spesialis sistem operasional terintegrasi untuk bisnis kuliner (F&B), PT Esensi Solusi Buana (ESB), menghadirkan solusi terbaru menggunakan teknologi AI (Artificial Intellengence) khusus bisnis F&B.

Gunawan, CEO sekaligus Co-Founder ESB, menyatakan, seiring dengan perkembangan digital, pebisnis F&B menghadapi berbagai tantangan agar dapat mengelola bisnis lebih baik lagi dan meningkatkan penjualan.

Teknologi berbasis AI yang dikembangkan ESB ini berperan untuk membantu para pengusaha kuliner dalam meningkatkan profit dengan memberikan rekomendasi menu dan promosi yang paling efektif untuk bisnis,  sehingga mempermudah pekerjaan pemilik bisnis (business owner) karena tidak perlu menggunakan jasa analis data, akuntan, auditor, ataupun konsultan bisnis.

“Para pebisnis dapat menghemat biaya operasional (operational expenditure) ratusan juta hingga milyaran rupiah dalam setahun,” kata Gunawan, dikutip Jum’at (24/5/2024).

Teknologi AI ini tersedia dalam aplikasi OLIN yang dapat di unduh melalui Google Play dan App Store. OLIN, teknologi AI khusus bisnis kuliner yang dirancang dengan mengusung 4 (empat) nilai utama.

Pertama, Security, keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena seluruh data dikumpulkan dan diolah di dalam server ESB. Kedua, Accuracy, proses data dilakukan setiap hari secara terperinci dan akurat, serta menyajikan laporan yang lengkap dan detail.

Ketiga, Reliability, OLIN mengolah data realtime dari transaksi harian setiap brand sehingga rekomendasi yang diberikan bersifat spesifik, dan telah teruji selama 2 (dua) tahun di beberapa merchant ESB. Keempat, Convenience, memiliki user experience yang simpel, OLIN memastikan data terolah otomatis dan penyajian rekomendasi praktis.

“ESB telah dipercaya dan dibuktikan oleh beberapa merchant ESB, terutama pada skala bisnis menengah ke atas. Ke depannya produk ESB, termasuk OLIN, diharapkan dapat membantu lebih banyak pemilik UMKM kuliner di seluruh Indonesia,” kata Gunawan..

Richard Theodore, Co-Founder dan CEO Sambal Bakar Indonesia, yang dikenal sebagai Raja F&B sekaligus konten kreator dan influencer bisnis yang berhasil memperbanyak 22 gerai dalam waktu 2 tahun–memberikan testimoni,

Menurutnya, brand yang pakai ESB itu adalah brand-brand gede semua, Boga Group, ISMAYA Group, Mie Gacoan. Termasuk, Sambal Bakar miliknya sendiri memakai sistem ESB.

“Kalaubrand elu belum sebesar brand-brand mutlinasional atau internasional, sudah jangan banyak pikir, ikutin aja mereka pakai ESB. ESB Ahlinya Bisnis Kuliner, aplikasi nomor 1 yang bisa bantu pebisnis kuliner dan AI pertama di Indonesia cuma dari ESB,” ungkap Richard.

Chief Marketing Officer ESB, Fitriana Dyah menyebutkan, OLIN diharapkan dapat membantu para pebisnis F&B mencapai omzet yang lebih tinggi.

“Kami menargetkan setidaknya 80% pengguna ESB saat ini dapat menggunakan OLIN sebagai asisten bisnis mereka,” ucap Fitriana.

 

HENNI S.

Exit mobile version