Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pelajari Platform Digital Bikin Bisnis Lokal Ini Tumbuh Di Masa Pandemi

14 Desember 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
Zianisa

Brand Manager Zianisa Dyah Amalia (duduk) dan tim Mukena Zianisa. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak pandemi virus Corona (Covid-19). Akibatnya banyaknya tenaga kerja dari UMKM yang terpaksa dirumahkan. Meski demikian, masih ada peluang bagi pelaku UMKM untuk survive dan berkembang di tengah kondisi New Normal ini.

Seperti yang dilakukan UMKM Mukena Zianisa. Brand Manager Zianisa Dyah Amalia mengatakan, pihaknya menggali segala potensi untuk berjuang dikondisi sulit ini. “Kami berupaya untuk tidak mengurangangi jumlah tenaga kerja. Bahkan terpacu untuk bisa mempertahankan usaha lokal ini,” ungkap Dyah dalam keterangan tertulis, Selasa (14/12/2021).

Menurut Dyah, brand yang diluncurkan sejak 2020 ini sebelumnya penjualan terfokus kepada offline. Tetapi dengan kondisi sekarang ini, maka mereka memutuskan untuk beralih dan bisa berdaptasi dengan penjualan secara online.

Baca juga :   Pemerintah Lanjutkan Program Bantuan Kuota Data Internet dan Uang Kuliah

“Seiring meningkatnya digitalisasi, e-commerce menjadi peluang yang paling menjanjikan saat ini,” ujar Dyah.

Dyah mengakui, memaksimalkan layanan yang ditawarkan platform e-commerce bukanlah hal yang mudah. Upaya kerjasama mendidik UMKM dalam menggunakan layanan digital masih menjadi tantangan, dengan membangun kerjasama antara UMKM dengan para Relation Manager e-commerce menjadi hal yang paling dibutuhkan.

Menurut dia, Mukena Zianisa mendapatkan beberapa pelatihan dari pihak e-commerce tersebut. Pengaplikasian pelatihan yang diterima dari para pihak e-commerce tersebut adalah wujud dari upaya Mukena Zianisa untuk mengembangkan kemampuan SDM serta memajukan bisnis lokal tersebut.

Alhasil, Mukena Zianisa berhasil mengembangkan SDM yang memiliki skill serta mental yang tangguh dikala pandemi dengan memberikannya pelatihan-pelatihan. Baik pelatihan dari sisi leadership hingga pelatihan dari ilmu pemasaran secara digital. Pelatihan yang diberikan berupa pelatihan secara online yang diikuti oleh setiap karyawan yang mumpuni dibidangnya.

Baca juga :   Hankook Tire Akuisisi Perusahaan Purwarupa Digital Berteknologi Tinggi

Dengan demikian  Mukena Zianisa dapat melakukan pengembangan sektor pemasaran secara online. “Kami mulai gencar untuk pemasaran di marketplace, serta beragam sosial media yang ada. Hal itu ternyata kini berbuah manis membuat Mukena Zianisa bisa dikenal dan tetap bertahan sampai saat ini,” ucapnya.

Pemasaran secara online yang dilakukan Mukena Zianisa tidak hanya pada satu platform, namun dilakukan diberbagai platform. “Kami melakukan pemasaran di seluruh sosial media baik dari facebook, instagram hingga tiktok. Marketplace pun juga tak luput kami gunakan baik Shopee, Tokopedia official store dan Lazada mall” ucap Dyah.

Hasilnya, meski situasi ekonomi masih belum pulih, penjualan produk Mukena Zianisa dengan kisaran harga Rp 139 ribu hingga Rp 159K tumbuh 40%.

Baca juga :   Teknologi Web3 Beri Dampak Positif ke Masyarakat

“Pandemi harus dihadapi dengan melakukan berbagai gebrakan strategi bisnis untuk bisa bertahan dan bertumbuh, salah satunya dengan mempersiapkan SDM yang teknologi dengan beragam fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan bisnis,” pungkas Dyah.

 

STEVY WIDIA

Tags: bisnis lokalMukena Zianisaplatform digitalUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Lokapala Hadirkan Fast Tournament di Akhir Tahun

Next Post

Solusi Social-Commerce Woobiz Berdayakan Masyarakat Pasca Pandemi

Related Posts

Perkuat Ketahanan Bisnis, Pelaku UMKM Perlu Adopsi Teknologi Digital
Headline

Perkuat Ketahanan Bisnis, Pelaku UMKM Perlu Adopsi Teknologi Digital

5 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Kampus Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten
Headline

Kampus Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten

19 November 2025
0
Load More
Next Post
Woobiz)

Solusi Social-Commerce Woobiz Berdayakan Masyarakat Pasca Pandemi

MNC Vision Networks

MNC Vision Networks Siapkan Kejutan Semarak Akhir Tahun 2021

metode pembayaran

Akibat Pandemi, E-Wallet Jadi Metode Pembayaran Paling Banyak Digunakan

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version