Pelaku Usaha Kuliner Meningkat, Youtap Indonesia Perkenalkan Fitur “Pesan dari Hape”

Aplikasi Youtap

Youtap Indonesia Perkenalkan Fitur Pesan dari Hape (PHP) (Foto: Istimewa)

youngster.id - Semakin turunnya angka penderita COVID-19 berkat capaian vaksinasi COVID-19 di kota Medan, Sumatera Utara membawa angin segar bagi perekonomian. Berbagai sektor UMKM, terutama rumah makan kini memiliki peluang besar untuk mulai bangkit dan maju.

Data BPS menyebutkan, jumlah rumah makan/restoran yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun serta adanya kenaikan rata-rata pengeluaran penduduk dan konsumsi makanan di kota Medan tahun 2020 dibanding tahun-tahun sebelumnya hingga 4%. Di sisi lain, berdasarkan data McKinsey, banyak konsumen yang berniat untuk melanjutkan cara berbelanja secara delivery dan kebiasaan belanja online lainnya, bahkan setelah pandemi berakhir.

Kondisi tersebut mendorong Youtap Indonesia untuk melengkapi layanan solusi digitalnya dengan fitur teranyarnya, yaitu PHP (Pesan dari Hape).

“Di masa seperti sekarang ini, pelaku usaha, terutama bisnis kuliner, semakin dituntut memiliki kreativitas dalam mempromosikan dan memasarkan produk agar mampu mengikuti perubahan perilaku konsumen yang ingin melanjutkan kebiasaan menggunakan gadget untuk hampir semua kebutuhan. Dari sini, terlihat bahwa pemanfaatan solusi digital menjadi semakin penting. Kami secara konsisten terus membangun ekosistem digital yang siap mendorong pelaku usaha mendapat capaian terbaiknya lewat beragam inovasi digital. Hadir di Medan hampir satu tahun lebih, kehadiran solusi terbaru dari Youtap diharapkan dapat semakin membuat mereka tumbuh dan bangkit,” ujar Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia, dalam keterangan pers, Senin (06/12/2021).

Melalui layanan PHP, pelaku usaha dari berbagai wilayah, termasuk Medan, akan mampu menawarkan cara mudah pemesanan dan pembayaran pelanggan dimanapun dan kapanpun melalui digital menu/e-menu yang terintegrasi. Mengingat menjamurnya restoran hingga kedai kopi di Medan, fitur PHP diharapkan mampu memfasilitasi pelaku usaha Medan secara lengkap.

Menurut Herman, pihaknya mencatat sektor kuliner seperti tempat makan dan kedai kopi mendominasi pelaku usaha Medan yang bergabung di ekosistemnya. Bahkan, beberapa merchant di area sekitar Medan turut tumbuh secara organik dengan melakukan registrasi mandiri. Dari total 200 ribu pelaku usaha yang mengadopsi Youtap secara nasional, pelaku usaha kedai kopi terbanyak nyatanya ditemui di Medan. Hal ini semakin menunjukkan bahwa pelaku usaha kini semakin termotivasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan lewat digitalisasi.

Herman mengklaim, Youtap berhasil membantu digitalisasi lebih dari 6.000 pelaku usaha di 5 kota dan kabupaten, dari total 4 kabupaten di Sumatera Utara. Angka ini meningkat sebesar 42% dari tahun sebelumnya. Adapun jumlah untuk di sektor usaha kuliner mencapai hampir 3.000 pelaku usaha, meningkat 122% dari tahun sebelumnya.

“Hadir di Medan sejak Agustus 2020, Youtap nyatanya mampu diterima dengan baik oleh para pelaku usaha hingga mengalami pertumbuhan yang signifikan untuk merchant yang bermigrasi ke digital. Mereka juga merasa terbantu karena urusan operasional usahanya sudah dibantu sepenuhnya oleh Youtap. Kami bersyukur kehadiran Youtap bermanfaat oleh para pelaku usaha,” terang Herman.

Selain fitur PHP terbarunya, Youtap juga secara konsisten mendukung penggunaan pembayaran non tunai. Di Medan sendiri, terjadi peningkatan transaksi non-tunai hingga 8 kali lipat dengan total kenaikan transaksi menjadi 6 kali lipat dibandingkan tahun 2020.

Salah satu merchant Medan, Bambang dari Sonang Coffee mengatakan saat menjalankan usaha cafe yang diluncurkan 2 bulan lalu sejak September, perubahan perilaku konsumen sangat terasa karena faktor higienitas sangat menjadi perhatian mereka. Karena itu, penggunaan teknologi untuk mendukung kebutuhan konsumen menjadi sangat krusial agar bisnis dapat berjalan menjadi lebih baik.

“Kehadiran fitur PHP dari Youtap sekaligus penerimaan pembayaran secara non-tunai melengkapi kebutuhan kami sejak hari pertama kami hadir dalam melayani pelanggan sehingga layanan yang kami berikan bisa semakin modern dan dapat  memfasilitasi kebiasaan baru ini,” pungkas Bambang.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version