Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Pemanfaatan Digital Jadi Langkah Percepatan Ekonomi Bagi UMKM

2 Juli 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
UMKM

Penjual UMKM Grosir Baju Keisha. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pandemi Covid-19, yang melanda Indonesia turut dirasakan dampaknya bagi kelangsungan usaha bagi para pelaku UMKM. Untuk mengatasi hal itu, peningkatan pemanfaatan digital tentunya menjadi salah satu langkah percepatan ekonomi yang dapat membawa angin segar bagi para pelaku UMKM di Tanah Air.

Pandu P Sjahrir, Presiden Komisaris Sea Group mengatakan melalui Data Digitalisasi UMKM Indonesia periode Juni 2020 ini, Sea Group berharap dapat membantu memberi gambaran jelas dan mempercepat langkah transformasi digital yang signifikan dan berkelanjutan bagi UMKM di Indonesia.

“Terutama agar terjadinya kolaborasi di berbagai sektor yang tentunya perlu dukungan penuh dari pemerintah,” ujar Pandu dalam jumpa pers nya yang disiarkan secara online Kamis (2/7/2020).

Terangkum dalam data digitalisasi ini, adaptasi yang dilakukan para pelaku usaha untuk menata kembali di masa new normal adalah mengubah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. 45% pelaku usaha muda berjualan lebih aktif di platform e-commerce, 1 dari 5 adalah pengguna baru e-commerce. Pelaku usaha ini meliputi industri rumahan dan student entrepreneur yang membantu ekonomi keluarga, dalam sektor retail, pertanian maupun kesehatan.

Baca juga :   idEA Akan Data Pebisnis e-commerce

UMKM mengubah strategi produksi dan jenis barang untuk memenuhi permintaan pasar yang dinamis. Beberapa pelaku usaha mulai memproduksi barang yang populer seperti masker dan hand sanitizer. Penelitian dari Sea Insights juga menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata UMKM Indonesia yang mengadopsi e-commerce meningkat lebih dari 160% dan peningkatan produktivitas 110%.

“Kemenkop UKM menyambut baik data digitalisasi yang dirilis oleh Sea Insights dalam rangka mempercepat transformasi digital pada masa pandemi ini. Hasil studi ini akan sangat bermanfaat untuk berbagai sektor terutama para pelaku usaha sebagai basis tolak ukur melakukan langkah – langkah percepatan dalam aksesibilitas internet, meningkatkan keterampilan digital serta literasi digital yang akan kami dukung dengan sejumlah program seperti inkubasi, edukasi dan kurasi bekerjasama dengan berbagai e-commerce dan sektor swasta lainnya,” ungkap Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia.

Baca juga :   Alpha JWC Ventures Tutup Pendanaan Tahap Kedua Senilai US$123 Juta

Hasil studi oleh Sea Insights yang bertajuk “Data Digitalisasi Selamatkan UMKM Indonesia” yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ini ditujukan untuk memberikan pengertian yang mendalam terhadap laju perkembangan ekonomi digital dan pemanfaatan digital di Asia Tenggara khususnya di Indonesia kepada kalangan publik selama masa pandemi ini.

Metodologi survei ini dijalankan kepada 20.000 anak muda usia 16 hingga 35 tahun, 2.200 diantaranya adalah pelaku usaha serta dilakukan melalui platform Garena dan Shopee selama periode Juni 2020, selaku anak perusahan dari Sea. UMKM di Indonesia telah aktif beradaptasi dalam menghadapi tantangan besar selama pandemi. Tiga tantangan UMKM selama masa pandemi ini meliputi pasokan, cash flow dan permintaan.

Baca juga :   Startup Superkul Raih Pendanaan Awal Yang Dipimpin East Ventures

Salah satu pegiat UMKM lokal yang terus beradaptasi di tengah pandemi adalah Kurniawan Joko Purnomo, pemilik toko pernak-pernik asal Bali, Kampung Souvenir. Memulai usahanya sejak tahun 2009, mukena dan busana muslim dari Kampung Souvenir banyak memakai motif bunga sebagai salah satu motif khas Bali.

Sejak mulai mengadaptasi dan menguatkan penjualan melalui platform digital, omzet Kampung Souvenir kembali stabil. Hal ini menjadi titik terang bagi usahanya.

“Saya mendorong pegiat usaha lokal lain, khususnya di industri fesyen muslim, untuk terus berjuang dan mengikuti transformasi digital di tengah normal baru ini, dengan terus berinovasi dan memanfaatkan digital semaksimal mungkin agar dapat terus mengikuti permintaan pasar saat pandemi ini,” ungkap Joko.

FAHRUL ANWAR

Tags: Sea InsightsUMKM
Previous Post

Rangkul Milenial, Evos Gandeng TikTok Gelar Program Berhadiah

Next Post

Riset UI: Fintech Lending Percepat Inklusi Keuangan Milenial

Related Posts

Usaha Ultra Mikro Perempuan
Headline

Kementerian UMKM Gelar Startup Acceleration Program 2025

3 September 2025
0
Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital
Headline

Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital

27 Agustus 2025
0
Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia
Headline

Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia

27 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Riset UI: Fintech Lending Percepat Inklusi Keuangan Milenial

Riset UI: Fintech Lending Percepat Inklusi Keuangan Milenial

Tampilan Baru Waze Untuk Masa New Normal

Tampilan Baru Waze Untuk Masa New Normal

Alibaba Cloud Targetkan Gaet 2.000 Pelanggan di 2020

Alibaba Cloud Akan Bangun Data Center Ketiga di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version