Pemanfaatan Internet Di Indonesia Perlu Dimaksimalkan

Google akan menggelar "Indonesia Games Contest" (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Saat ini terdapat 100 juta pengguna Internet di Indonesia. Jumlah yang besar ini bisa menjadi salah satu kunci mendorong digital ekonomi dan meningkatkan GDP. Untuk itu pemanfaatan internet perlu ditingkatkan.

“Pengguna Internet di Indonesia mencapai 100 juta. Indonesia juga menjadi salah satu negara tercepat pertumbuhan ekonominya,” kata Tony Keusgen Managing Director Google Indonesa belum lama ini di Jakarta.

Untuk mendukung hal itu, Google pun meluncurkan beberapa fitur yang diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan Internet di Indonesia. Tiga langkah akan diambil Google dalam memperluas penggunaan Internet. Pertama, akses dengan meningkatkan konektivitas walaupun dengan keterbatasan data dan koneksi bandwidth rendah.

Kedua, platform yang membuat masyarakat dapat mengekspresikan budaya lokal. Ketiga, produk yang semakin baik untuk masyarakat dan dapat membantu kegiatan sehari-hari.

Selain itu ponsel pintar pun dinilai turut berperan memberikan akses lebih luas terhadap Internet. VP Product Management Google Caesar Sengupta mengungkapkan ponsel pintar memberikan jutaan orang Indonesia akses Internet dengan harga yang lebih terjangkau.

“Penetrasi ponsel pintar terus berkembang, kami di Google pun terus mengembangkan bagaimana bisa mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kualitas Internet bagi semua orang,” kata Sengupta dalam kesempatan yang sama.

Googel juga akan segera menggelar proyek balon internet bernama Project Loon diuji coba tahun ini sebagai terobosan penyambung koneksi internet di wilayah terpencil Indonesia. Google masih mengurus perizinan, terutama izin lalu lintas udara pada Kementerian Perhubungan dan Markas Besar TNI untuk aspek keamanan, sedangkan untuk aspek teknis, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah siap mendukung.

 

STEVY WIDIA