Pemerataan Teknologi Wujudkan Ekonomi Digital

Paket Barat Palapa Ring menjangkau Provinsi Riau dan Kepulauan Riau sementara Paket Tengah menjangkau Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. (foto : Kominfo/Youngsters.id)

youngster.id - Google menilai pemerataan teknologi sangat penting dalam mewujudkan ekonomi digital. Oleh karena itu perusahaan teknologi ini mengapresiasi langkah Pemerintah Indonesia membangun infrastruktur pita lebar Palapa Ring Project.

“Saya senang melihat pemerintah Indonesia juga perhatian dalam mendukung pertumbuhan teknologi dengan membangun infrastruktur broad band,” ucap Caroline Atkinson Head of Global Public Policy Google pada High Level International Conference, Selasa (27/2/2018) di Jakarta. Atkinson berharap dengan pemerataan teknologi, seluruh orang di seluruh dunia dapat mendapatkan informasi yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director IMF Christine Lagarde menyatakan peningkatan infrastruktur teknologi dan digital akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi digital. Indonesia dinilai sebagai salah satu negara dengan potensi ekonomi digital yang besar.
Di Indonesia saja, sebutnya, terdapat lebih dari 1.700 usaha rintisan yang bergerak di dalam ekosistem digital. IMF mengingkatkan potensi ekonomi digital ini harus bisa menyentuh semua lini masyarakat.

“Tujuannya, adalah untuk memanfaatkan revolusi digital sebaik mungkin dengan meningkatkan infrastruktur digital dan membuat sistem pendidikan yang cocok untuk masa depan,” jelas Lagarde.

Adapun proyek Palapa Ring, yang akan menghubungkan seluruh bagian Indonesia, ditargetkan rampung pada 2019. Proyek infrastruktur telekomunikasi ini dilakukan lewat pembangunan serat optik sepanjang 36.000 km di seluruh Indonesia, yang dibagi menjadi Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

STEVY WIDIA

Exit mobile version